Permintaan Meningkat Blangko KK Dan KTP Habis

Jumat, 06 Juli 2012 - 01:26:00 WIB

(int)

PEKANBARU (RA)- Pasca mulai di berlakukannya denda pada keterlambatan pengurusan KK dan KTP terhitung Mei lalu, telah menyebabkan tingkat pengurusan KK dan KTP di kota Pekanbaru naik tajam.

Naiknya permintaan ini jugalah yang telah memicu untuk kesekian kalinya blangko KK dan KTP saat ini habis di semua UPTD di Kota Pekanbaru.

Habisnya blangko KK dan KTP ini di akui juga oleh walikota Pekanbaru Firdaus MT karena saat ini mulai memasuki tahun ajaran baru, dimana para orang tua harus mengurus KK dan KTP.

Firdaus juga menyampaikan permintaan maafnya kepada seluruh masyarakat yang telah terganggu dengan kekosongan blangko tersebut. Firdaus berjanji dalam waktu dekat akan mengupayakan pengadaan tersebut agar pelayanan bagi masyarakat tidak terganggu lagi.

"Memang sampai sekarang blangko kosong. Bagi masyarakat yang sudah terlanjur mengurus, tapi belum mendapatkan KK dan KTP, kami mohon maaf, insyaallah dalam waktu dekat kami akan segera menyediakan blangko tersebut," sebut Firdaus.

Kata Firdaus, kekosongan blangko di Disdukcapil Pekanbaru bukan karena keterlambatan penyediaan anggaran, tetapi akibat meningkatnya jumlah pendatang yang menetap di Pekanbaru dan mulai tingginya kesadaran masyarakat untuk mengurus identitas diri pasaca di berlakukannya perda baru retribusi KK dan KTP.

"Anggaran tidak ada masalah, anggarannya ada. Penyebabnya mungkin saja karena banyak yang pindah atau kesadaran masyarakat sudah mulai tinggi untuk mengurus identitas dirinya sebagai dampak sosialisasi e-KTP yang kita lakukan sejak beberapa bulan belakangan," tegasnya.

Nila salah seorang wali murid yang tinggal di jalan Riau, mengakui ia mengurus perpanjangan KK karena ingin mendaftarkan anaknya masuk sekolah.

"Saya terpaksa meminta pengantar dari UPTD untuk mendaftarkan anak saya ke SD, karena katanya blangko KK habis" ujarnya.(RA5)