Azwendi : Pekanbaru Selalu Gaungkan Kota Layak Anak, Harusnya Iklan Rokok Diharamkan

Kamis, 30 Agustus 2018

Riauaktual.com -  Ketua komisi II DPRD Kota Pekanbaru, Tengku Azwendi, menyentil pemerintah setempat yang selalu menyatakan serius ingin menjadikan kotanya benar-benar layak anak. Akan tetapi hal tersebut bertentangan dengan situasi yang berada dilapangan.

"Bagaimana mau dibilang kota layak anak ?, Iklan rokok di tengah sampai dengan pinggiran kota. Harusnya kalau sudah sepakat dengan kota layak anak, iklan rokok diharamkan dong," cetus Azwendi saat berbincang bersama wartawan, Kamis (30/8/2018).

Politisi Demokrat ini juga menyebut lewat iklan, promosi dan sponsor, perusahaan rokok membidik anak-anak generasi muda sebagai target pasar utama mereka guna mendapatkan perokok pengganti yang akan menjamin keberlangsungan usaha mereka.

"Makanya pemerintah harus melek, karena itu sebabnya iklan rokok selalu ditempatkan di semua tempat. Jangan takutlah kehilangan PAD dari hal-hal seperti iklan rokok ini," tegasnya.

Karena itu, kata Azwendi lagi, untuk melindungi generasi, komisi II DPRD Pekanbaru mendesak pemerintah segera melarang iklan, promosi rokok secara menyeluruh melalui regulasi yang kuat, terlebih yang keberadaannya berada dijalan ibu kota.

"Nanti kita atur jadwal untuk hearing bersama dinas terkait. Dan saat ini tim kita di DPRD juga tengah mendata, sekaligus mencari informasi titik-titik reklame yang terindikasi ilegal. Jika tidak singkron, dan tak berizin harus di potong," pungkasnya. (DWI)