Delapan Teroris Diamankan, Empat Tewas

Selasa, 03 Juli 2018

Ilustrasi penangkapan teroris. Foto/okezone.com

Riauaktual.com - Paska diamakannya, seorang terduga teroris, Ahad (1/7) inisial HA dikediamannya. Hingga saat ini, terhitung sudah delapan orang diamankan Densus 88 beserta Polda Riau di Provinsi Riau.

Penangkapan ke delapan terduga teroris tersebut, diamankan sepanjang bulan Mei dan Juli 2018 ini.

''Sepanjang Mei dan Juli ini, sudah delapan terduga teroris diamankan. Untuk empat orang dinyatakan tewas, karena menyerang Polda Riau,'' ungkap Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto, Selasa (3/7) siang.

Sunarto menjelaskan, untuk keempat orang yang tewas merupakan kawasan Pak Ngah cs.

Untuk pria inisial HA (21), sambung Sunarto merupakan bagian dari kedelapan teroris yang sudah diamankan. Terkait kasus pembunuhan Ahmad Syahwan.

Untuk saat ini, lanjut Sunarto, kedelapan orang tersebut masih dalam proses penanganan pihak Densus 88 Anti teror.

''Kedelapan orang tersebut masih ditangani oleh densus 88 Anti teror,'' ungkapnya.

Pengungkapan yang terakhir, terang Sunarto, diamankan karena pengembangan kasus perampokan dan pembunuhan terhadap korbannya di Perumahan Sekato, Jalan Cipta Karya, Kecamatan Tampan, Pekanbaru, 25 Mei 2018 lalu.

Terduga HA ini dikaitkan dengan teroris, karena adanya temuan empat bendera ISIS, dan tiga keping CD, serta dua kapak, kemudian sebilah celurit dan kaleng cat semprot yang digunakan membuat bendera ISIS tersebut.

''Ditotal sejak Agustus 2017 hingga saat ini sudah ada 18 terduga teroris diamankan,'' jelasnya.

Lebih rinci, di bulan Agustus 2017 berhasil diamankan satu orang, di bulan Oktober sebanyak lima orang terduga teroris. 

''Kemudian di bulan Desember 2017 ada empat terduga teroris diamankan, jadi ditotal di 2017 ada 10 terduga teroris. Untuk keseluruhan digabung sudah 18 teroris diungkap,'' pungkasnya. (HA)