Pjs Bupati Inhil Hadiri Peringatan Nuzul Quran di Masjid Al Huda

Ahad, 03 Juni 2018

Riauaktual.com - Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Indragiri Hilir (Inhil), H Rudyanto SH MSi menghadiri Puncak Peringatan Nuzulul Quran Tingkat Kabupaten Inhil tepat pada malam 17 Ramadan 1439 H di Mesjid Agung Al Huda Jalan Jenderal Sudirman Tembilahan, Jumat (1/6/18) malam.

Didampingi oleh Kabag Kesra Setda Inhil HM Arifin, Ketua Komisi I DPRD Inhil H Yusuf Said, sejumlah pejabat eselon di lingkungan Pemkab Inhil, tokoh agama, dan tokoh masyarakat, Rudyanto hadir dengan pakaian putih dan duduk bersama para jemaah mesjid.

Peringatan tersebut ditaja oleh pengurus Mesjid Al Huda, bekerjasama dengan pengurus Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Inhil. Tujuan dilaksanakannya acara tersebut ialah agar masyarakat mengetahui dan mengingat kembali sejarah turunnya kitab suci umat muslim yang diwahyukan kepada Nabi terakhir, yaitu Muhammad SAW.

Diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh salah satu qoriah cilik terbaik dari Kecamatan Keritang, acara berlangsung hikmat.

Mengawali sambutannya, Rudyanto mengapresiasi acara tersebut. Ia berharap agar peringatan yang dilaksanakan setiap tahun tersebut tidak hanya sekedar seremonial saja, namun dijadikan momentum yang dapat meningkatkam kesadaran tentang pentingnya Al Quran. 

"Melalui acara ini semoga kita termotivasi untuk senantiasa membaca, menghayati, memahami, dan mengamalkan isi kandungan Al Quran dalam berbagai aspek kehidupan, baik dalam kehidupan pribadi, maupun kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," ujarnya. 

Dalam kesempatan itu, ia mengajak kepada seluruh masyarakat Inhil untuk meningkatkan kecintaan terhadap Al Quran dan menjadikannya sebagai pedoman hidup.

"Jika kita telah melakukan itu semua kita akan menjadi umat yang beriman, bertakwa, serta berakhlak mulia sehingga kita dapat menjadi pribadi yang berkualitas," urainya. 

Dirinya juga menjelaskan upaya pemerintah dalam memasyarakatkan Al Quran di Negeri Seribu Parit ini. Salah satunya ialah dengan menggalakkan kegiatan pengajian di berbagai ibadah umat muslim dan majelis taklim. 

"Melalui upaya tersebut diharapkan agar tidak hanya menjadikan anak-anak sebagai generasi yang cinta dan gemar membaca Al Quran, tetapi juga untuk memakmurkan mesjid," tuturnya.

Selain itu, usaha lain Pemkab Inhil dalam membumikan Al Quran ialah dengan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang dimulai dari tingkat desa/ kelurahan, kecamatan, hingga kabupaten. 

Acara ditutup dengan ceramah agama oleh Ust Drs H Muhdhori MAg yang didatangkan dari Jakarta. Dalam tausyiahnya, ia menyampaikan tentang keistimewaan bulan Ramadan, di mana salah satunya ialah bulan diturunkannya Al Quran.  (adv)