Real Madrid Tumbangkan Bayern Munchen 2-1 di Allianz Arena

Kamis, 26 April 2018

Pemain Real Madrid berselebrasi merayakan gol Marco Asensio. (REUTERS/Michaela Rehle)

Riauaktual.com - Real Madrid mendapat modal bagus untuk leg kedua setelah meraih kemenangan 2-1 atas Bayern Munchen di leg pertama semifinal Liga Champions di Allianz Arena, Rabu (25/4) waktu setempat.

Ini merupakan kemenangan ketiga beruntun Madrid di Allianz Arena setelah musim 2016/2017 (perempat final) dan musim 2013/2014 (semifinal).

Bayern Munchen langsung menekan Real Madrid di menit pertama. Striker Robert Lewandowski menyisir dari sisi kanan pertahanan Madrid, lalu mengirimkan umpan kepada Thomas Mueller yang ada di kotak penalti. Sayang, Mueller tidak dalam posisi yang tepat dan gagal memanfaatkan umpan Lewandowski.

Madrid memberikan pengawalan ketat kepada pemain-pemain Munchen. Kubu tuan rumah pun tampak kesulitan mengembangkan permainan pada 10 menit pertama.

Hal serupa juga dilakukan Die Roten, sehingga pemain Madrid mudah kehilangan bola dan kerap melakukan pelanggaran untuk bisa menghentikan laju pemain Munchen.

Di babak pertama ini FC Hollywood bermain dengan bola-bola pendek dari kaki ke kaki dan membangun serangan secara perlahan. Sementara, Madrid lebih sering bermain dengan bola-bola pendek dikombinasikan dengan bola-bola panjang kepada Isco atau Cristiano Ronaldo untuk serangan balik cepat.

Pada menit ke-20, Ronaldo membuang peluang yang mungkin bisa berbuah gol. Setelah lolos dari jebakan offside, Ronaldo terlalu lama melepaskan bola yang akhirnya lebih dulu digagalkan Jerome Boateng.

Saat laga hampir berjalan setengah jam, bek kanan Munchen Joshua Kimmich memecah kebuntuan. Pemain berusia 23 tahun itu mencetak gol pada menit ke-28 usai menerima umpan James Rodriguez.

Munchen sebenarnya berpeluang menambah keunggulan pada menit ke-34. Sayangnya, Ribery gagal mengontrol bola dengan baik yang akhirnya bisa ditangkap Navas.

Menjelang berakhirnya babak pertama, tim tamu menyamakan kedudukan melalui sepakan kaki kiri Marcelo menit ke-44 setelah menerima bola dari Carvajal.

Di babak kedua pelatih Madrid Zinedine Zidane mencoba mengubah gaya menyerang timnya dengan memainkan Marco Asensio untuk menggantikan Isco.

Ada kemungkinan, dimainkannya Asensio itu guna menggantikan peran Cristiano Ronaldo yang tidak banyak terlihat selama pertandingan karena dijaga ketat pemain Munchen.

Pergantian Zidane itu berhasil. Memanfaatkan kesalahan lini belakang Bayern Munchen, Real Madrid menambah keungulan menjadi 2-1 melalui gol Marco Asensio menit ke-57.

Gol tim tamu itu bermula dari blunder yang dilakukan Rafinha. Berniat mengoper bola kepada Kimmich, bola dari Rafinha itu justru diterima Asensio yang kemudian diberikan kepada Lucas Vazquez.

Pemain bernomor punggung 17 itu lalu menggiring bola ke pertahanan Munchen. Melihat Asensio di sisi kiri dalam posisi kosong, Vazquez langsung mengoper bola kepada rekannya itu. Dengan mudah Asensio menempatkan bola ke sisi kiri gawang Munchen yang tidak terjangkau kiper Sven Ulreich.

Dua menit berselang, Ribery kembali mengancam gawang Madrid. Setelah melewati empat pemain Madrid, Ribery menembak dengan keras bola ke gawang lawang. Sayang, Navas dalam posisi yang tepat dan bisa menepis sepakan Ribery.

Cristiano Ronaldo sempat mencetak gol indah pada menit ke-71 dengan tendangan voli kaki kiri. Hanya saja, gol itu dianulir lantaran Ronaldo dianggap lebh dulu menyentuh bola dengan tangan kiri

Tim asuhan Jupp Heynckes hampir saja menyamakan kedudukan pada menit-menit akhir waktu normal. Namun, usaha Robert Lewandowski untuk mencetak gol menemui jalan buntu karena gagal menemui target.

Wasit Bjorn Kuipers pun meniut peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Skor tetap 2-1 untuk kemenangan Madrid atas Munchen.

Leg kedua semifinal Real Madrid melawan Bayern Munchen akan digelar di Stadion Santiago Bernabeu pada Selasa (1/5).

Susunan Pemain

Bayern Munchen: Sven Ulreich; Joshua Kimmich, Jerome Boateng, Mats Hummels, Rafinha; Arjen Robben, Thomas Mueller, Javi Martinez, James Rodriguez, Franck Ribery; Robert Lewandowski.

Real Madrid: Keylor Navas; Dani Carvajal, Raphael Varane, Sergio Ramos, Marcello; Luka Modric, Casemiro, Toni Kroos; Lucas Vazquez, Cristiano Ronaldo, Isco.

 

Sumber : Cnnindonesia.com