Ratusan Hektar Lahan Terbakar di Dumai dan Rohil

Selasa, 10 April 2018

Personel Polresta Rohil saat berjibaku mematikan api karhutla. Foto istimewa

Riauaktual.com - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terus terjadi di wilayah Provinsi Riau.

Hingga hari ini, dua helikopter Super Puma dikerahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, untuk melakukan water boombing di Kota Dumai.

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Riau, Jim Gafur, mengatakan operasi water bombing masih terus dilakukan, karena titik api sulit dijangkau pada jalur darat.

"Lahan terbakar semak belukar dan tanah gambut. Tim darat dan udara saat ini sedang berupaya memadamkan api," ujar Jim pada Wartawan, Selasa (10/4).

Karhutla di Kota Dumai terjadi sejak akhir pekan lalu, persis di Kecamatan Dumai Timur dengan luas lahan yang terbakar lebih kurang 100 hektar.

"Api makin meluas. Makanya kita melakukan pemadaman dari udara," kata Jim.

Selain di Kota Dumai, karhutla juga terjadi di Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

Berdasarkan data dari Polres Rohil, lahan gambut yang terbakar di Kecamatan Tanah Putih sejak sepekan terakhir mencapai 260 hektare.

Kapolres Rohil, AKPB Sigit Adi Wuryanto, mengatakan dari 260 hektare lahan gambut yang terbakar tersebut, 250 hektare terdapat di Kepenghuluan Labuhan Papan, Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan.

Sepuluh hektare lainnya, berlokasi di lahan perusahaan PT Johanes Kepenghuluan Rantau Bais, Kecamatan Tanah Putih, Rohil.

"Untuk pelaku karhutla, masih kita selidiki. Lahan yang terbakar kita police line (garis polisi)," ujar Sigit. (IG)