Mobil Dinas Disita Pedagang di DPRD Pekanbaru

Senin, 10 Juni 2013 - 01:09:00 WIB

Salah seorang pedagang sedang mengempesin ban mobil dinas milik pemerintah di halaman gedung DPRD Pekanbaru. FOTO: Riki

PEKANBARU, RiauAktual.com - Ratusan pedagang Pasar Jongkok dan sejumlah mahasiswa menggelar aksi demo di halaman Gedung DPRD Kota Pekanbaru, Senin (10/6/2013). Saat demo, para anggota Dewan dan Satker Pemko Pekanbaru tengah menggelar Sidang Paripurna Penyerahan Ranperda Pengelolaan Sampah.

Massa semakin brutal, sepanjang sidang paripurna para pendemo yang menggelar dagangan di depan gedung Dewan sangat brisik. Namun sidang paripurna tetap berjalan lancar.

Namun, aksi brutal massa semakin menjadi-jadi saat satu per satu Kepala Dinas keluar dari gedung. Massa mencari Wakil Walikota Ayat Cahyadi SSi yang saat itu memimpin rapat. Namun, Ayat Cahyadi tak bersedia menemui massa.

Pedagang menjara semua mobil berplat merah keluar dari gedung. Mobil BKD Hermanius yang pertama dijara, dikejar dan diduduki oleh massa. Termasuk mobil plat merah lainnya, karena sudah anarkis dan membuat pengrusakan, kepolisian pun tak tinggal diam.

Empat mobil berisikan anggota penuh atau sekitar ratusan anggota polisi diturunkan untuk mengamankan massa. Akhirnya pengrusakan bisa dihentikan setelah polisi turun ke halaman DPRD Pekanbaru.

Laporan: Riki