Pemko Pekanbaru Raih Adipura 2013

Ahad, 09 Juni 2013 - 06:43:00 WIB

Kabag Humas Pemko Pekanbaru Haris. FOTO: doc ra

PEKANBARU, RiauAktual.com - Pemerintah Kota Pekanbaru berhasil meraih Piala Adipura tahun 2013. Piala ini adalah kado istimewa bagi Pemerintah Kota di Hari Ulang Tahunnya (HUT) ke-229. Hadiah yang diberikan Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) ini menetapkan Pekanbaru sebagai Kota Besar Terbersih selain kota lainnya yang juga berhak mendapatkan piala Adipura.

Penyerahan piala Adipura tersebut akan dilakukan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono  kepada Walikota Pekanbaru H Firdaus MT di Istana Negara Jakarta, Senin (10/06/2013) besok. Hal tersebut disampaikan Walikota Pekanbaru H Firdaus MT melalui Kepala Bagian Humas Sekretariat Kota Pekanbaru Drs H Azharisman Rozie MSi, Ahad (9/6/2013).

Menurutnya, tahun 2012 lalu Kota Pekanbaru sempat gagal meraih piala Adipura setelah sebelumnya delapan kali berhasil memperoleh penghargaan di bidang kebersihan lingkungan tersebut.

‘’Tapi dengan kerja keras melalui pembenahan terhadap sejumlah titik penilaian seperti Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang peralatannya sudah direvitalisasi dan sistem Sanitary Renfile sudah berjalan, lingkungan perumahan, sekolah, perkantoran, jalan protokol dan pasar, akhirnya Kota Pekanbaru  kembali berhasil penghargaan Adipura,’’ jelas Haris.

Ditambahkannya, penghargaan Adipura tersebut bukan merupakan tujuan utama bagi Pemerintah Kota Pekanbaru melainkan sebagai motivasi bagi semua lapisan masyarakat agar lebih peduli lagi terhadap masalah kebersihan di Kota Bertuah.

‘’Prestasi Kota Pekanbaru dalam meraih penghargaan Adipura bukan merupakan tujuan utama kita dalam mengikuti penilaian Adipura ini. Tetapi lebih sebagai motivasi agar semua elemen masyarakat mempunyai rasa memiliki terhadap Kota Pekanbaru terutama yang berkaitan dengan masalah kebersihan, sehingga penanganan sampah tidak saja dipundak pemerintah tapi juga tanggung jawab masyarakat dan dunia usaha,’’ ujar Haris.

Laporan: VR
Editor: Riki