Mendadak Ada yang Pinjam Uang? Baca Dulu 5 Tips-nya

Kamis, 15 Maret 2018

Ilustrasi: Foto Shutterstock

Riauaktual.com - Terkadang hidup memang tidak selalu berjalan lancar. Ada saatnya orang-orang selalu membutuhkan bantuan berupa pinjaman uang secara mendadak. Sebagai orang yang ingin meminjamkan uang, tentu perlu memperhatikan siapa orang yang pas untuk diberi pinjaman

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan sebelum meminjamkan uang ke orang lain, seperti dikutip dari Perencana Keuangan Andy Nugroho, Gozalai dan Teenu :

1. Siapkan Mental

Menyiapkan mental untuk menerima risiko tentu hal yang harus diperhatikan. Terutama jika meminjamkan uang ke orang lain tetapi uang tidak kembali. Jika tidak siap untuk meminjamkan uang, lebih baik jangan berikan pinjaman.

2. Berikan Hanya untuk Kebutuhan Darurat

Ketika ingin memberikan pinjaman ke orang lain, lihatlah kondisi orang yang ingin meminjamkan uang. Keperluan yang darurat, seperti perawatan rumah sakit tentu perlu diberikan pinjaman.

Jangan asal berikan pinjaman, jika orangnya tersebut hanya pinjam hal yang bersifat tidak darurat.

3. Memahami Karakter atau Perilaku

Sebelum meminjamkan uang sebaiknya kita memahami karakter dan kebiasaan atau perilaku orang yang akan dipinjami uang, apakah orang tersebut dapat benar-benar dipercaya dan akan mengembalikan uang sesuai janjinya? Karena risiko meminjamkan uang kepada teman ataupun orang yang dekat dengan kita adalah uang yang diberikan bisa saja tidak dikembalikan.

4. Pikirkan Kondisi Keuangan

Sebelum memberikan pinjaman, ada baiknya pikirkan keadaan keuangan sendiri, jangan sampai ketika meminjamkan uang kepada orang lain justru malah menyulitkan kondisi keuangan sendiri.

5. Tanyakan Sumber Dana untuk Membayar Kembali

Kadang orang berpikir, ketika meminjamkan uang, tidak memikirkan dari mana uang itu berasal, yang penting uang yang dipinjamkan kembali tepat waktu.

Hal itu mesti dipikirkan lagi, karena bisa saja orang tersebut tidak bisa bayar tepat waktu malah meminjam uang ke orang lain lagi untuk membayar pinjaman kita yang akan berakhir menjadi masalah.

Nah, itu tadi tips yang perlu diperhatikan ketika ingin meminjamkan uang ke orang lain. Berhati-hati itu perlu ketika ingin membantu orang dalam bentuk pinjaman uang.

 

Sumber : okezone.com