Student Exchange SMP Labscool Jakarta di SMPN 4 Pekanbaru

Senin, 04 Maret 2013

Kepala Sekolah SMPN 4 Pekanbaru, Ridwan SPd. FOTO: Ade

PEKANBARU (RA) - Program student exchange dari SMP Labscool di SMP Negeri 4 Kota Pekanbaru telah berlangsung sejak tanggal 25 Februari hingga 3 Maret 2013 lalu. Dari pertukaran pelajaran ini diharapkan akan mampu mengembangkan pengetahuan pelajar dan dapat lebih mandiri.

Demikian dikatakan Kepala SMPN 4 Pekanbaru Ridwan SPd ketika dikonfirmasi reporter RiauAktual.com di ruang kerjanya, Senin (4/3/2013). Menurutnya, diselenggarakannya student exchange di SMPN 4 Pekanbaru seperti pertukaran pelajar dari SMP Labschool Kemayoran Jakarta ke sekolah SMPN 4 Pekanbaru semta-mata hanya untuk memandirikan siswa yang kebetulan juga program dari sekolah SMP Labschool yaitu program mandiri.

"Ada pun anak didik dari SMP Labschool berjumlah 7 orang dan 1 orang guru pembimbing dan anak-anak ini ditempatkan di rumah siswa SMPN 4 Pekanbaru juga atas kerjasama para wali murid. Tujuan utamanya selain mengajarkan anak didik ini mandiri juga mereka bisa tahu system pembelajaran di SMPN 4 Pekanbaru sehingga dapat jadi perbandingan bagaimana rasanya belajar di sekolah-sekolah lain," ungkap Ridwan.

Untuk tahun ini SMPN 4 Pekanbaru yang menjadi pilihan SMP Labschool Jakarta dan komentar guru blologi yang juga guru pembimbing dari anak didik SMP Labschool Kebayoran Jakarta yakni Lesi Lindaniati SPd menyampaikan perasaan mereka sangat senang bisa belajar di SMPN 4 Pekanbaru ini. Sebelumnya saat pertama kali mereka datang saja sudah mendapatkan sambutan yang hangat dari para guru, siswa dan orangtua murid saat baru tiba di bandara SSK.

"Ada pengalungan bunga dan kemudian dibawa dulu ke sekolah SMPN 4 Pekanbaru buat acara semacam serah terima anak didik SMP Labschool Jakarta yang diserahkan oleh guru pembimbing kepada orangtua asuh yaitu orangtua murid dari SMPN 4 Pekanbaru, ya cukup menarik lah. Harapannya kedepan bisa lebih menjalin silaturahmi seperti SMPN 4 Pekanbaru yang kalau dapat berkunjung ke SMP Labschool Jakarta," kata Lesi.

Laporan: Ade Lestari
Editor: Riki