Pasca Pembunuhan Simson, Polda Riau Siagakan 150 Personil di TKP

Ahad, 03 Maret 2013

ilustrasi pembunuhan. FOTO: int

PEKANBARU (RA) - Saat ini, di Jalan Tengku Mahnud, Kecamatan Rumbai dijaga 150 personil gabungan dari jajaran Polresta Pekanbaru dan Brimob Polda Riau setelah beredarnya informasi bakal ada penyerangan balik pasca ditemukannya seorang warga Jalan Pastoran Rumbai, yakni Simson Pandiangan (41) warga Jalan Pastoran, tewas dengan kondisi ditemukannya bekas tusukan senjata tajam di bagian pungung belakang diduga dibunuh oleh orang tidak dikenal.

Guna mengantisipasi tindakan anarkis yang bakal dilakukan puluhan pemuda yang mengatasnamakan kubu korban dengan kubu lain yang diduga pelaku pembunuhan, sore Sabtu (2/3), sebanyak 150 personil gabungan dari jajaran Polresta Pekanbaru dan Brimob Polda Riau bersenjata lengkap diturunkan.

Pantauan reoporter RiauAktual.com di lapangan, terlihat puluhan pemuda yang berasal dari kubu korban, berbekal senjata tajam  dan kayu melakukan penyisiran serta swiping di sekitar lokasi dimana korban ditemukan sudah tidak bernyawa, dimana diduga pelakunya bersebunyi di sekitar tempat tersebut. Pihak kepolisian yang telah disiagakan di lokasi berupaya mereda aksi puluhan pemuda tersebut. Sehingga di sekitar lokasi, warga tidak berani keluar, takut terjadinya aksi penyerangan dari kedua kubu.

Informasi dirangkum di lapangan, menurut salah seorang narasumber yang tidak mau disebutkan identitasnya mengatakan, kejadian tersebut bermula ketika lahan milik H Sm saat itu dijaga oleh sejumlah pemuda dari kubu lain, sedangkan lahan diduga milik seorang perwira menengah di jajaran Polda Riau, dijaga oleh korban dengan beberapa orang rekannya. Untuk masuk ke lahan, oknum Pamen Polda Riau tersebut, korban harus melewati lahan H Sm yang dijaga kubu lain, entah apa pemicunya, sehingga terjadi kejadian tersebut, narasumber tidak mengetahui persis, tiba-tiba saja korban pagi itu sekitar pukul 02.00 WIB, Sabtu (2/3) ditemukan sudah tewas di tengah jalan oleh warga.

Kepala Bidang Humas Polda Riau, AKBP Hermansyah SH Sik mengatakan untuk mengantisipasi hal yang tidak diingini pasca ditemukan sesosok mayat warga Jalan Pastoran yang diduga korban pembunuhan oleh orang tidak dikenal, sehingga muncul kabar dan informasi akan ada bentrok antara kedua kubu yang berbeda, puluhan personil dari Brimob Polda Riau dan jajaran Polresta Pekanbaru disiagakan dilokasi hingga kondisi betul-betul aman.

"Kita berharap dan menghimbau kepada masyarakat, jangan terpancing adanya asutan dari pihak yang tidak bertanggungjawan sehingga akan merugikan kita semua, biarkan pihak Kepolisian yang mengusut tuntas kasus ini, apa bila adanya indikasi, korban dibunuh, untuk itu pihak kepolisian juga meminta kepada masyarakat agar jangan mudah terasut,"kata Hermansyah.

Ditambahkan Kabid, saat ini pihak kepolisian telah mengamankan seseorang lelaki yang diduga pelakunya, guna mengantisipasi hal yang tidak diingini, maka pelaku yang diduga tersebut diamankan ke Polresta Pekanbaru, dan pihak kepolisian juga tetap bersiaga di Mapolresta Pekanbaru.

Laporan: AT
Editor: Riki