Warga Menjerit, Harga Gula Melejit 14 ribu

Senin,18 Juni 2012 - 01:32:00 WIB

(int)

PEKANBARU (RA)- Warga Pekanbaru semakin menjerit saja, selain harus mempersiapkan biaya untuk pendidikan memasuki tahun ajaran baru. Warga juga harus di bebani dengan melejitnya harga gula pasir. Marto, warga Jalan Riau Senin. (18/6) mengakui dirinya kini harus membeli gula pasir seharga Rp 14 ribu perkilogram.

Katanya dua pekan lalu harga gula masih Rp12 ribu perkilogramnya. "Memang kini harga gula sudah di pasarkan Rp14 ribu,harganya naik tajam,mencapai Rp2.000 perkilogramnya,"ujarnya.

Asong, pedagang sembilan bahan pokok di pasar Cikpuan, membenarkan kenaikan harga gula pasir di karenakan oleh harga gula impor yang naik. "Memang harga gula impor naik dari negara asal,sehingga harga jual ikut naik," terangnya.

Ia juga menambahkan kenaikan harga gula pasir ini di perkirakan masih akan naik lagi. Karena menjelang bulan puasa dan Idul Fitri. "Sekarang saja sudah naik, apalagi menjelang puasa," tandasnya.

Uning, pedagang kue basah dan kering di Pekanbaru, juga mengeluhkan, kenaikan harga gula. Pasalnya ini akan mempengaruhi harga bahan kue yang di buatnya. "Naiknya harga gula membuat modal usaha naik, harusnya harga jual kue naik, tetapi kami belum bisa menaikkan karena konsumen masih kaget," tambahnya. (RA5)