Pemko Akan Alihkan Pengelolaan Bus TMP

Ahad, 07 Oktober 2012 - 05:40:00 WIB

(Ilustrasi int)

PEKANBARU (RA)- Tahun 2013 Pemerintah Kota Pekanbaru akan melakukan pengalihan pengelolaan 20 unit bus Transmetro Pekanbaru (TMP), sebagai Sarana Angkutan Umum Massal (SAUM) di Pekanbaru kepada PD Pembangunan.

Penyerahan pengelolaan ini diupayakan untuk meningkatkan kinerja PD Pembangunan yang selama ini nota bene selalu merugi. Selain juga untuk mengundang investor yang berminat untuk mengembangan TMP tanpa harus mengandalkan dana APBD APBN lagi.

Direktur PD Pembangunan, Hery Susanto, akhir pekan kemaren di temui di Kantor walikota pekanbaru membenarkan niat Pemko Pekanbaru ini.

"Kami siap untuk mengelola bus tersebut. Sejalan dengan itu, kami juga akan meningkatkan status PD Pembangunan menjadi PT, sehingga kami nantinya bisa mencari investor," ujar Hery.

Katanya saat ini bus TMP masih  dikelola oleh Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Pekanbaru, jumlahnya mencapai 20 unit. Pengalihan ini juga sebagai upaya akan ada wacana pengoperasian seluruh koridor tahun 2013. Selain juga untuk mengundang investor.

Kepala Bagian Hukum dan perundang-undangan Yuliasman, saat di konfirmasi mengakui memang PD Pembangunan kini sudah mempersiapkan segala sesuatunya terkait hukum pengalihan PD menjadi PT.

"Sudah dibuat drafnya dan mau dilaporkan ke Walikota, kalau Walikota setuju, akan dilakukan rapat persiapan ,baru di usulkan apa nama PT nya, berapa setoran modalnya, kemudian diajukan ke DPRD untuk di setuju," tambahnya.(RA5)