Dalam Dua Bulan Disdukcapil Kumpulkan Denda KTP Rp31,1 juta

Jumat, 05 Oktober 2012 - 09:59:00 WIB

Kadisdukcapil M.Noer

PEKANBARU (RA)- Dalam dua bulan razia KTP yang di gelar oleh Dinas Kependudukan dan catatan Sipil (disdukcapil) Kota Pekanbaru berhasil mengumpulkan denda sebesar Rp31,1 juta. Dana ini di dapat dari 735 warga yang tidak memiliki KTP yang dilakukan selama 8 kali razia.

Kadisdukcapil M.Noer menyebutkan sudah 8 kali pihaknya melakukan razia, dan sudah banyak yang  terjaring.

"Dari 8 kali razia  yang digelar sejak pasca lebaran lalu sampai awal Oktober ini terdapat 611 orang tidak membawa KTP, 56 orang karena masa berlaku KTP yang telah habis dan 68 orang yang masih memiliki KTP luar daerah. Sementara total denda yang terkumpul mencapai Rp31,1 Juta lebih," ujarnya.

M, Noer menegaskan, pihaknya sama sekali tidak mengejar target banyaknya denda yang akan terkumpul dari razia yang dilakukan, tetapi lebih kepada menggugah kesadaran masyarakat untuk dapat tertib administrasi.

"Sejauh ini dari beberapa kali razia yang sudah dilakukan, kesadaran masyarakat dalam kota untuk mengurus KTP sudah cukup tinggi," jelas M.Noer.

Buktinya untuk lokasi razia yang dilakukan dalam kota semisal di depan kantor Lurah Suka Mulia Kecamatan Sail, hanya ditemukan 5 sampai 10 kasus KTP yang mati, sementara kalau dipinggiran kota pasti lebih dari itu seperti di Jalan Sukarno Hatta di depan sekolah Darma Yuda.

"Ini menandakan masyarakat sudah mengetahui pentingnya mematuhi adminitrasi kependudukan," sebutnya.

Ia menambahkan , sehubungan dengan terus meningkatnya pengurusan KTP baru oleh mereka yang akan menetap di Pekanbaru, M.Noer mengingatkan agar mereka membawa surat pindah dan surat keterangan berkelakuan baik dari kepolisian di daerah asal.

Dua surat ini wajib disertakan dalam pengurusan KTP sebagai dasar bagi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pekanbaru menerbitkan KTP Pekanbaru.

"Sejak dini kita antisipasi jangan sampai kita salah memberi KTP kepada orang yang tidak tepat," tegas M.Noer.(RA5)