Rapat Raskin Pemko Digelar Tertutup

Selasa, 05 Juni 2012 - 05:27:00 WIB

PEKANBARU (RA)- Rapat beras miskin (raskin) kota Pekanbaru untuk pagu 2012 di kantor walikota di gelar secara tertutup Selasa (5/6). Rapat yang di pimpin oleh walikota Pekanbaru Firdaus MT, di ikuti oleh seluruh Camat dan Lurah di kota Pekanbaru.        

Walikota Pekanbaru Firdaus MT usai rapat kepada wartawan mengakui rapat yang di gelar tersebut untuk mensosialisasikan data raskin baru yang di dapat pemko Pekanbaru dari Pusat kepada seluruh camat dan Lurah di kota Pekanbaru.       

"Penyaluran beras bersubsidi atau raskin di Pekanbaru  kini menggunakan data yang berbeda dengan data yang sebelumnya, makanya kita sosialisasikan," ungkapnya.       

Dari data tersebut lanjutnya, ada kelurahan yang mengalami penurunan jumlah penerima raskin, ada juga penambahan yang menerima raskin. Penambahan jumlah penerima raskin secara nasional mencapai 28 persen secara nasional sementara untuk kota Pekanbaru jumlahnya sama .      

"Kriteria pemilihan pemberian raskin bukan hanya Rumah tangga sasaran (rts) tetapi juga keluarga yang rawan miskin, kalau yang benar-benar miskin penduduk kita hanya 10 persen, akan tetapi jika di gabung dengan yang rawan miskin menjadi 28 persen. 18 persen adalah RTS yang rawan miskin," urainya.    

Terkait pembagian raskin di lapangan Firdaus menambahkan, untuk sistem pembagiannya masih seperti menggunakan sistem lama.    

"Data yang di gunakan data yang di kirim pusat, data ini tidak bisa berubah, tinggal mendatangi keluarga miskin di Kelurahan masing-masing. Untuk menghindari gejolak dilapangan, karena masyarakat yang tadinya mendapat menjadi  tidak dapat lagi karena ekominya membaik. Kita berharap mereka tidak  boleh komplaint," harapnya.      

Data raskin tahun 2012 memang ada perubahan jika dibandingkan data sebelumnya. Dimana Pemko Tahun ini mendapatkan penambahan quota penerima raskin. Dari semula hanya 17.389 Rumah tangga sasaran (RTS) naik menjadi 24 .160 RTS. Berarti untuk tahun 2012 terhitung Mulai Juni hingga Desember penyaluran raskin mengalami penambahan sebesar 6.771 RTS dari tahun lalu. (RA4)