Wako Pekanbaru Segera Panggil Pimpinan Sony Elektronik

Senin, 04 Juni 2012 - 05:04:00 WIB

PEKANBARU (RA) - Terkait adanya perusahaan yang diduga melarang karyawannya melakukan Ibadah Shalat Jum'at, Walikota Pekanbaru, H Firdaus ST MT sangat menyayangkan hal itu. Menurutnya, sangat tidak baik jika sebuah perusahaan tidak memberikan waktu luang kepada karyawannya untuk melaksanakan ibadah.

"Kita himbau kepada pelaku usaha, untuk memberikan luang waktu kepada karyawanya untuk melaksanakan ibadah. Sangat tidak bagus kalau ada perusahaan yang tidak memberikan kesempatan kepada karyawannya melakukan ibadah," ungkap Wako ketika ditemui riauaktual.com di aula Kantor Walikota, Senin (4/6).

Hingga saat ini, Wako belum menerima laporan resmi dari pihak manapun. Maka dari itu, Pemko belum bisa menindaklanjuti persoalan tersebut sebelum ada laporan resmi. Jika laporan resmi telah ada, pihak Pemko akan melakukan pemanggilan terhadap perusahaan yang melakukan pelarangan terhadap karyawannya melakukan shalat jum'at.

"Kita belum jelas perusahan apa, dimana, belum kita ketahui secara jelas. Kita masih menunggu surat resmi. Tapi yang pastinya kita sangat menyayangkan jika memang ada teman kita yang melarang karyawannya melakukan ibadah," paparnya.

Ditambahkannya, untuk mengantisipasi adanya larangan menjalankan ibadah, maka pihak Pemko akan menekankan kepada perusahaan dalam mengurus perizinan, agar menyediakan tempat ibadah bagi karyawannya. Sehingga tidak ada lagi perusahaan melarang dan menghambat pelaksanaan ibadah bagi karyawan yang beragama Islam.

"Memang ada beberapa laporan, termasuk dalam segi berpakaian. Kita minta agar perusahaan tiak melarang karyawannya menggunakan busana muslim. Sebab, pekerja itu akan lebih terlihat anggun kalau menggunakan pakaian muslim. Karena ini bumi melayu, tentu lebih cocok menggunakan busana melayu," pungkasnya. (RA)