Cabai Merah Pekanbaru Semakin Pedas

Ahad, 03 Juni 2012 - 04:36:00 WIB

PEKANBARU (RA)- Ternyata rasa cabai merah di kota Pekanbaru dua hari ini semakin "Pedas" saja, pasalnya harganya cabai merah naik tajam sejak Jum'at (1/6) kemaren. Berdasarkan data dari para pedagang cabai harga cabai merah naik Rp6.000 perkilogram.      

Rima, salah seorang pedagang cabai merah di pasar senapelan, Minggu (3/6) mengakui harga cabai merah sebelumnya hanya Rp20.000 perkilogramnya, namun kini naik menjadi Rp26.000 perkilogramnya. "Kenaikan harga cabai dua hari ini mencapai Rp6.000 perkilogramnya," ungkap Rima.      

Masih katanya, kenaikan harga cabai kali ini di karenakan pasokan cabai merah yang masuk ke kota Pekanbaru belakangan ini agak berkurang ketimbang hari biasanya. Selain itu modal jual harga cabai dari sentra pengiriman cabai seperti Medan, Bukit Tinggi mengalami kenaikan . " Modal kami dari toke naik, jadi harga jual kami terpaksa naik juga," tandasnya.      

Pedagang cabai lainnya di Pasar Rumbai, Ijal, mengakui hal yang sama bahkan dirinya mengakui cabai yang masuk saat ini kualitasnya kurang bagus, banyak busuknya. "kata toke kini sedang terjadi musim penghujan di sentra penghasil cabai, sehingga banyak cabai merah yang rusak," terangnya.      

Ia menambahkan, naiknya harga cabai kali ini jika di kaitkan dengan momen bulan puasa masih terlalu dini, pasalnya bulan puasa baru akan berlangsung Juli. Berdasarkan data yang berhasil di himpun dilapangan, naiknya harga cabai merah ini juga telah berpengaruh terhadap harga cabai rawit dam cabai ijo.

Cabai Rawit kini di pasarkan Rp22.000 perkilogram naik dari Rp20.000, sementara cabai ijo kini di pasarkan Rp16.000 perkilogram naik dari Rp14.000 perkilogram.(RA)