RiauAktual

RiauAktual.com

Menristek Sebut Virus Corona Di Indonesia Mirip Di Wuhan

Menristek Sebut Virus Corona Di Indonesia Mirip Di Wuhan
Menristek, Bambang PS Brodjonegoro (internet) 

Riauaktual.com - Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang Brodjonegoro mengatakan, sebagian besar tipe virus yang berkembang di Indonesia,  mempunyai kesamaan dengan yang ada di Wuhan, China.

Temuan ini berdasarkan hasil penelitian Whole Genome Sequencing (WGS) yang telah dilakukan Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman dan Institute Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga. 

"Kami telah mengirimkan 15 WGS tersebut. Alhasil, sebagian besar tipe virus yang berkembang di Indonesia mempunyai kesamaan yang ada di China. Di mana satu termasuk kelompok S yang sama dengan Covid-19 di Eropa, dan satu termasuk kelompok O atau jenis virus Covid-19 lainnya yang belum dikenali,” terang Bambang, Rabu lalu, sebagaimana dikutip dari Rmco.id. 
 
Berdasarkan hal tersebut, Kemenristek melakukan langkah dalam pengembangan vaksin Covid-19 di Indonesia.Pertama, melakukan kegiatan penelitian dan produksi vaksin Covid-19 original, secara mandiri yang berbasis strain virus di Indonesia. Pengembangan vaksin jenis ini akan menggunakan metode protein rekombinan yang penelitiannya dipimpin oleh LBM Eijkman.

Kedua, melalui kolaborasi kerja sama Indonesia dengan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) virus yang menyebar di Indonesia memiliki kesamaan dengan yang  ada di China.

Ke depannya, Indonesia tetap akan membuka diri untuk melakukan kerja sama dengan mitra Internasional lainnya, dengan mengedepankan asas kesetaraan dan tetap diupayakan adanya transfer teknologi. 

“Sehingga Indonesia bukan hanya menjadi tempat untuk uji klinis pengembangan vaksin dari luar negeri, melainkan ikut serta terlibat dalam mengembangkan vaksin bersama-sama,” pungkasnya. 

Ikuti kami di