Kapolda Riau Diberi Gelar Datuk Wira Lela Setia Negeri, Ini Pesan Gubri

Jumat, 17 Juni 2022 | 23:18:39 WIB
Gubernur Riau Syamsuar saat prosesi pemberian gelar adat kepada Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, di Balai Adat LAMR Dumai, Jum'at (17/6). Dok. Kominfo Riau

Riauaktual.com - Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kota Dumai memberikan gelar kehormatan adat kepada Irjen Pol Mohammad Iqbal. Kapolda Riau ini resmi dikukuh dan ditabalkan dengan gelar 'Datuk Wira Lela Setia Negeri' di Balai Adat LAMR Dumai, Jalan Putri Tujuh, Kota Dumai, Jum'at (17/6). 

Pemberian Gelar Adat kepada Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal ini dikarenakan telah berjasa bagi adat dan masyarakat Melayu Kota Dumai. Ditandai dengan pemasangan Tanjak oleh Ketua MKA LAMR Kota Dumai Datuk Seri Atan Ujang, pemasangan selempang oleh Datuk Seri Setia Amanah Syamsuar dan pemasangan keris oleh Ketua DPH LAMR Kota Dumai Datuk Seri Syarudin Husin. 

Usai menerima penghargaan, dilakukan prosesi tepuk tepung tawar kepada Datuk Wira Lela Setia Negeri Tuan Irjen Mohammad Iqbal oleh Gubernur Riau Syamsuar dan Ketua MKA dan DPH LAMR Kota Dumai serta para tokoh adat.

Gubernur Riau Datuk Seri Setia Amanah Syamsuar dalam petuah amanahnya mengatakan atas nama pribadi dan atas nama Pemerintah Provinsi Riau menyampaikan tahniah dan syabas kepada Tuan Irjen Pol Mohammad Iqbal yang bergelar Datuk Wira Lela Setia Negara pada saat ini. 

"Kami mengucapkan tahniah kepada Majelis Penabalan ini khususnya kepada Tuan Kapolda Riau Mohammad Iqbal yang telah mendapatkan gelar amanah dari Lembaga Adat Melayu Riau Kota Dumai," kata Gubri. 

"Semoga gelar ini tentunya dapat membawa keberkahan baik bagi beliau bersama keluarga dan bagi kita semua yang ada di Dumai dan bagi masyarakat Riau pada umumnya," tambahnya. 

Lebih lanjut, Gubri melalui amanatnya menjelaskan mengenai kondisi wilayah di Provinsi Riau yang aman dan kondusif untuk berinvestasi. Hal ini menurutnya penting untuk terus dijaga dan diperkuat di Riau.

Menurutnya, diperlukan sinergi oleh semua pihak sehingga suasana kondusif, aman, damai dan terkendali dapat tercapai. Harapannya pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan investasi di Provinsi Riau dapat tercapai.

"Suasana aman dan kondusif inilah yang bisa  memengaruhi minat orang untuk berinvestasi. Karena itulah tentunya, suasana aman ini kita pelihara dengan baik," harapnya. 

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Riau terus menggesa agar Roro Dumai - Malaka bisa optimal sehingga memberikan dampak pada kemajuan daerah dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Dumai dan Riau umumnya. 

"Mari berdoa dan mari kita mendukung ini. Karena bagaimanapun ini tidak akan terwujud kalau tidak ada dukungan masyarakat. Kami Pemerintah Provinsi Riau tetap mempersiapkan anggaran termasuk Menteri Perhubungan yang saat ini tetap menggesa," tutupnya. 

Turut hadir pada pemberian gelar tersebut Gubernur Riau (Gubri) Datuk Seri Setia Amanah Syamsuar, Ketua DPRD Provinsi Riau Yulisman, Forkopimda Riau, Walikota Dumai Paisal, Kapolres Dumai AKPB Mohammad Kholid, Ketua Umum MKA LAMR Kota Dumai Datuk Seri Atan Ujang, Ketua Umum DPH LAMR Kota Dumai Datuk Seri Syarudin Husin, para Datuk LAM Riau Dumai, tokoh masyarakat, tokoh agama dan jemputan lainnya. 

Terkini

Terpopuler