Pimpinan Definitif DPRD Pekanbaru Periode 2014-2019 Resmi Dilantik

 

PEKANBARU - Pimpinan defenitif DPRD Kota Pekanbaru telah resmi dilantik Ketua Pengadilan Negeri Pekanbaru Achmad Setyo Pudjoharsoyo SH, dalam rapat paripurna istimewa DPRD, Senin (10/11/2014). Empat pimpinan dikukuhkan, Sahril SH (Golkar) sebagai Ketua DPRD dan didampingi tiga wakil diantaranya Sigit Yuwono (Demokrat), Rustam Efendi Panjaitan (PDI-P), dan Sondia Warman (PAN).

"Tugas besar yang menunggu setelah kita dilantik, yakni mengawasi keinginan masyarakat. Dalam waktu dekat kami akan menetapkan tatib (tata tertib) dan kode etik anggota DPRD. Kemudian alat kelengkapan, setelah ada alat kelengkapan barulah kita bisa kerja," ungkap Ketua DPRD Pekanbaru yang baru saja dilantik Sahril.

Dalam pembentukan alat kelengkapan, kata Sahril, memang terjadi lobi-lobi politik di dalamnya. Namun, menurut Sahril pihaknya telah menyusun alat kelengkapan dan akan dilaporkan secara formalitas melalui paripurna.

"Kalau melihat DPR RI memang sulit, mudah-mudahan tak seperti itu. Kita sudah dapat kesepakatan, pembentukan alat kelengkapan sudah sepakat. Semua sudah diakomodir, tidak ada yang tinggal meninggal. Kita tak mau DPRD ini terpecah hanya karena jabatan yang merugikan masyarakat," paparnya.

Pelantikan empat pimpinan DPRD Kota Pekanbaru masa jabatan 2014-2019 tersebut sesuai usulan para anggota DPRD Kota Pekanbaru pada Rapat Paripurna yang berlangsung 13 Oktober 2014 lalu untuk kemudian diusulkan ke Gubernur Riau. Surat Keputusan (SK) pengangkatan empat pimpinan definitif ditandatangani Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, pada 30 Oktober 2014. Kemudian, Ketua sementara DPRD Kota Pekanbaru Roni Amril melakukan rapat pimpinan guna menentukan waktu paripurna.

Hadir dalam pelantikan tersebut Asisten I Setdaprov Riau Kasiaruddin, Walikota Pekanbaru Firdaus MT, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, Forum Kerukunan Umat Beragama Pekanbaru, Ketua KPUD, Ketua Panwaslu, LAMR Pekanbaru, MUI Pekanbaru, dan Tokoh Masyarakat.

Tampak juga mantan Ketua DPRD Riau Teguh Pribadi Arsyad, mantan Ketua DPRD Pekanbaru Desmianto, mantan Wakil Walikota Pekanbaru Erizal Muluk, kemudian sejumlah organisasi masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Walikota Pekanbaru Firdaus MT, usai paripurna mengucapkan selamat kepada pimpinan DPRD yang telah dilantik. Wako berharap kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Pekanbaru bisa bekerjasama dengan pemerintah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"DPRD dan pemerintah daerah sama-sama mempunyai tugas dan amanah dari masyarakat untuk pembangunan dan kemajuan daerah kedepan," pungkasnya. ***

EMPAT pimpinan defenitif DPRD Kota Pekanbaru dilantik.

Ketua sementara DPRD Kota Pekanbaru Roni Amriel, memimpin rapat paripurna.

DARI kiri, Sahril SH (Ketua), Sigit Yuwono, Sondia Warman, dan Rustam Panjaitan (Wakil Ketua).

 KETUA definitif DPRD Kota Pekanbaru Sahril SH, menandatangani berita acara pelantikan.

 KETUA sementara DPRD Pekanbaru Roni Amriel menyerahkan palu pimpinan kepada Sahril SH, sebagai Ketua definitif DPRD.

 KETUA DPRD definitif Sahril SH langsung ambil alih memimpin rapat paripurna.