Sukseskan Pilkada Rohil, Bupati Puji Kinerja Panwas

Sukseskan Pilkada Rohil, Bupati Puji Kinerja Panwas
panwaslu

BAGANSIAPIAPI (RA) - Pemerintah Kabupaten (pemkab) Rokan Hilir (Rohil) memuji kinerja dari Panitia pengawas (Panwas) yang telah ikut mensukseskan pesta demokrasi Pimilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan wakil bupati Rohil yang digelar serentak pada 9 Desember 2015 lalu. Pujian ini diberikan kepada panwas karena pilkada rohil dianggap sukses berjalan dengan tertib, aman dan lancar tanpa adanya gejolak apapun.

Demikian dikatakan Bupati Rohil, H Suyatno Amp saat menghadiri pembubaran Panwas kecamatan serohil, Rabu (23/3) dihotel kesuma, Bagansiapiapi."keberadaan panwas sangat luar biasa dalam menguasai pilkada dari berbagai tindak pelanggaran. Bahkan, kinerja panwas rohil mendapatkan apresiasi dari teman-teman yang berada dipusat dan propinsi," ujarnya.

Namun demikian, dirinya juga beharap kedepannya panwas lebih bisa meningkatkan kinerjanya lagi. "memang kinerja panwas sudah sangat luar biasa, namun kedepannya juga harus ditingkatkan lagi," pintanya.

Disebutkan, didalam proses demokrasi kinerja panwas itu sangat berat untuk mengawasi berbagai pelanggaran yang dilakukan oleh Pasangan calon (paslon) maupun Tim sukses (timses). "Selain itu juga banyak laporan serta aduan dari berbagai kelompok terkait pelanggaran, namun kesemuanya itu saya pikir  hal yang wajar dalam berdemokrasi," ucap Suyatno.

Dilanjutkan, berbagai laporan pelanggaran itu menurutnya telah ditanggapi dan ditindaklanjuti oleh panwas secara arif dan bijaksana. Kemudian panwas Rohil dalam bekerja juga sangat profesional tanpa pilih bulu untuk menindak berbagai bentuk pelanggaran.

"kemaren saya dipanggil panwas karena melakukan pelanggaran disipliner atau pelanggaran ADM, saat itu saya dipanggil panwas dan diproses sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku. Nah, ini menunjukkan kedewasaan kita dalam berpolitik, kedewasaan itu dibuktikan bagaimana cara berdemokrasi yang baik dan benar," tutupnya.

Sementara itu, ketua panwas Rohil, Jaka Abdillah Sag mengatakan pembubaran panwas secara resmi ini dilakukan untuk memberikan apresiasi kepada teman-teman panwas yang ada di kecamatan yang telah melaksanakan tugas dengan sebaik mungkin sehingga pilkada rohil berjalan dengan sukses. Selain itu, panwas Rohil juga mengucapkan terima kasih yang telah memfasilitasi panwas Rohil selama bertugas mengawasi pilkada.

Terkait dengan menurunnya partisifasi pemilih pada pilkada kemaren dikarenakan kurangnya melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Nah, ini menjadi catatan dan PR bagi kita, pihak terkait dan SKPD agar kedepannya bisa lebih meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat," ungkapnya singkat. (humas)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index