Sekda: Masyarakat Harus Waspada Karhutla

Sekda: Masyarakat Harus Waspada Karhutla
ilustrasi

BENGKALIS (RA) – Meskipun sejak Minggu (20/3/2016) kemarin malam hingga Senin (22/3/2016) pagi ini sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis diguyur hujan dalam intensitas rendah, Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis Burhanuddin tetap mengingat masyarakat di daerah ini untuk tetap waspada terhadap terjadinya kebakaran lahan dan hutan (Karlahut). Secara tegas, peringatan tersebut disampaikannya kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Sebagai abdi negara dan masyarakat, seorang ASN itu harus benar-benar menjadi menjadi contoh. Termasuk dalam pencegahan Karlahut. Bukan justru sebaliknya menjadi pelaku pembakaran. Mengingat cuaca saat ini sangat ekstrim, hentikan segala tindakan permbakaran. Termasuk memerung,” harap Burhanuddin, mengingatkan.

Harapan itu disampaikannya ketika menjadi Pembina apel pagi di halaman Kantor Bupati Bengkalis, Senin (21/3/2016). Pesan itu kembali diutarakannya, sebab saat ini salah seorang ASN di Pemerintah Kabupaten Bengkalis ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka oleh jajaran Polres Bengkalis, karena diduga menjadi pelaku Karlahut.

Terkait adanya ASN yang tertangkap dan telah ditetapkan sebagai tersangka tersebut, Burhanuddin mengatakan sangat menyesalkan sekali.

“Kita tidak tahu lagi bagaimana cara mengingatkan. Karena dalam berbagai kesempatan, kepada seluruh ASN di daerah ini selalu kita ingatkan agar tidak melakukan pembakaran. Termasuk memerung. Ke depan hal seperti ini tidak boleh terjadi lagi. Semua ASN harus menjadi contoh masyarakat, bukan sebaliknya justru menjadi pelaku,” imbuhnya.

Di bagian lain dia mengingatkan, terjadinya Karlahut itu bukan saja merusak lingkungan dan merugikan banyak pihak. Tetapi juga memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk memadamkannya.

“Bukan itu saja, setiap upaya pemadaman yang dilakukan mengancam jiwa petugas. Karena itu, apapun alasannya kami berharap agar kita semua menghentikan kegiatan pembakaran,” pungkasnya dengan nada harap.

Laporan : PUT

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index