MUI Bengkalis Himbau Warga Sholat Gerhana Mata Hari

MUI Bengkalis Himbau Warga Sholat Gerhana Mata Hari
gerhana

BENGKALIS (RA) - Menyikapi akan terjadinya gerhana matahari total yang diperkirakan terjadi pada tanggal Rabu 9 Maret 2016 mendatang, Majlis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bengkalis menghimbau seluruh umat muslim, melaksanakan Sholat gerhana matahari yang mungkin hanya terjadi sekali se umur hidup.
 
"Diharapkan melalui MUI Kecamatan untuk bekerjasama dengan pemerintah setempat dan menghimbau seluruh Imam masjid dan Mushola dapat mengajak masyarakat melaksanakan Sholat Gerhana Matahari di masjid/ Mushola dilingkungan  mereka masing-masing. Ungkap Ketua MUI Bengkalis H Amrizal, Kamis 3 Maret 2016.
 
Menurut Amrizal sholat gerhana matahari pada tanggal 9 Maret 2016 mendatang. "Berdasarkan informasi dari Lembaga Antariksa nasional, Gerhana Matahari itu akan terjadi antara pukul 6.30 sampai 8.30 Wib, jadi pelaksanaan Sholat Gerhana Matahari itu akan dilakukan pada rentang waktu itu," tutur Amrizal.
 
Menurut Amrizal, dalam hukum Islam, Sholat Gerhana Matahari, Hukumnya adalah Sunat Mua"akat atau sunat yang hampir wajib dilaksanakan. Namun karena peristiwa ini adalah peristiwa langka dan mungkin terjadi hanya sekali seumur hidup, maka diharapkan seluruh umat muslim dapat mengerjakanya sebagai wujud ketaqwaan kepada allah SWT.
 
"Ini adalah peristiwa langka yang mungkin hanya terjadi sekali seumur hidup, jadi hendaknya kita sambut dengan hal-hal yang positif yang sesuai dengan aqidah kita sebagai umat islam," tutupnya.
 

Laporan : PUT

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index