menpora

PSSI Disanksi FIFA, Menpora Ingin Timnas Lolos Pra Piala Dunia 2018

Kamis,03 Maret 2016 - 10:59:15 WIB Di Baca : 28242 Kali

NASIONAL (RA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi membuat sembilan persyaratan agar sanksi pembekuan PSSI dicabut. Namun, ada satu poin yang janggal dalam syarat-syarat tersebut.

Salah satu poin yang janggal adalah permintaan Menpora yang menginginkan timnas Indonesia lolos kualifikasi Piala Dunia 2018 di Rusia dan Asian Games 2018. Syarat tersebut pun menjadi perbicangan hangat masyarakat Tanah Air.

Pasalnya, status PSSI kini tengah disanksi oleh FIFA akibat intervensi lewat SK Menpora RI 01307. Akibatnya, Tim Garuda tidak bisa mentas di laga-laga internasional termasuk Pra Piala Dunia 2018 yang telah digelar sejak tahun lalu.

Sebelum disanksi FIFA, PSSI sudah menyiapkan pemain yang akan memperkuat timnas di kualifikasi Piala Dunia 2018, di mana anak asuh Pieter Huistra akan berlaga di Grup F bersama Thailand, Irak, Vietnam, dan Chinese Taipei. Namun, sanksi FIFA meruntuhkan semuanya.

Berikut 9 syarat tersebut:

1. Menjamin eksistensi atau kehadiran pemerintah dalam tata kelola persepakbolaan nasional yang dilakukan oleh PSSI melalui pengawasa dan pengendalian yang ketat oleh pemerintah.

2. Menjamin adanya sistem pelaporan dan pertanggungjawaban PSSI kepada AFC dan FIFA, bahwa keterlibatan pemerintah dalam perbaikan tata kelola sepakbola nasional di PSSI merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah dan bukan sebagai bentuk intervensi pemerintah.

3. Mengedepankan ketaatan terhadap sistem hukum nasional.

4. PSSI berkomitmen secara konsisten terhadap perbaikan tata kelola sepakbola untuk kepentingan peningkatan prestasi olahraga sepakbola nasional.

5. Menjamin adanya keterbukaan informasi publik yang akuntabel dalam bentuk pelaporan atau publikasi.

6. Menjamin terselenggaranya pola pembinaan yang berkelanjutan dan kompetisi yang profesional, berkualitas, serta transparan.

7. Menjamin tidak adanya pengaturan skor dan pola kartel dalam pengelolaan persepakbolaan nasional serta pemenuhan jaminan perlindungan bagi pelaku olahraga profesional.

8. Menjamin tercapainya prestasi tim nasional sebagai juara satu dalam event : Piala AFF tahun 2016, SEA Games tahun 2017, Lolos Pra Kualifikasi Piala Dunia tahun 2018, Asian Games XVIII tahun 2018;

9. Mempercepat diselenggarakannya Kongres Luar Biasa (KLB) sesuai yang diharapkan pemerintah dengan tetap memperhatikan statuta FIFA paling lambat harus dilaksanakan akhir bulan April 2016. (rimanews)

Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com