Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal

Jika Belum Melunasi Iuran, Disdik Ingatkan Sekolah Untuk Tidak Memberatkan Siswa

Rabu,24 Februari 2016 - 00:33:56 WIB | Di Baca : 20352 Kali
PEKANBARU (RA) - Sudah bukan rahasia umum, jika tidak melunasi iuran komite dan lainnya. Maka pihak sekolah tidak akan mengizinkan  siswa ikut ujian. Bahkan ada sekolah yang melakukan penahanan rapor hingga ijasah siswa sebelum orang tuanya melunasi kewajibannya disekolah.
 
Mengantisipasi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal mengingatkan agar pihak Sekolah Negeri yang ada di Pekanbaru untuk tidak melakukan hal tersebut, apapun alasannya.
 
"Pihak Sekolah Negeri tidak dibenarkan untuk melakukan penahan rapor, tidak boleh ujian dan segala macam konsekwensi karena anak didiknya belum bayar uang sekolah," ujar Jamal, ketika ditemui, diKantor Walikota.
 
Jamal menghimbauan kepada wali murid yang mengalami hal serupa untuk membuat pengaduan ke Disdik.
 
"Kedepannya, saya tidak mau dengar lagi ada anak-anak yang tidak sekolah atau tidak ikut ujian dan tidak menerima ijasah karena tunggakan di Sekolah. Pokoknya itu sudah kami jamin. Oleh sebab itu kita buka posko pengaduan," tegasnya.
 
Menurut Jamal, pihaknya sudah sering menyampaikan kesekolah negeri yang ada di Kota Pekanbaru agar biaya pendidikan ini tidak terlalu memberatkan siswa dalam menuntut ilmu. Memang ada tanggung jawab orang tua, pihak sekolah. Namun jika orang tuanya tidak mampu, maka pihak sekolah harus toleransi dan mendiskusikannya. Jangan sampai ini menjadikan beban bagi anak didiknya.
 
"saya berharap agar anak didik yang kurang mampu  dibiarkan fokus dulu dengan pelajaran. Disini para siswa kan kewajibannya untuk belajar bukan beban dalam bayar iuran sekolah," paparnya.
 
Jamal menambahkan, kejadian seperti ini pada umumnya terjadi ditingkat SMU dan SMK. oleh sebab itu diingatkan kepada Kepsek untuk tidak tidak melakukan hal-hal yang sama.
 
"Saya sendiri pernah juga terima laporan seperti itu, dan saya sudah telpon Kepala Sekolahnya. Sekali lagi diingatkan sekolah agar tidak melakukan hal tersebut. Jangan sampai ada yang tidak ikut ujian, rapor ditahan atau ijasah ditahan karena belum melunasi uang sekolah," tutupnya.
 
 
Laporan : YAN
Share Tweet Google +
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Berita TerkaitIndex