Tak Berfungsi, ISPU di Pekanbaru Harus Diganti

Tak Berfungsi, ISPU di Pekanbaru Harus Diganti
illustrasi (int)

PEKANBARU (RA) - Meski sejak tahun 2011 hingga Agustus 2012 kondisi alat display Indeks Pencemaran Udara (ISPU) yang ada di Kota Pekanbaru telah mengalami kerusakan, namun tidak juga kunjung diperbaiki oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

Ketiga display ISPU yang telah rusak tersebut seperti ISPU yang berada di Jalan Jendral Sudirman tepatnya depan Kantor Walikota Pekanbaru, Jalan Tuanku Tambusai, dan alat ISPU yang berada di kawasan Kulim.

Menanggapi perihal tersebut anggota DPRD kota Pekanbaru dari komisi IV Herwan Nasri sangat menyangkan kondisi tidak berfungsinya ISPU di tengah kota hingga saat ini, mengingat warga tidak bisa melihat kondisi kualitas udara meski kabut asap menyelimuti Kota Pekanbaru dalam beberapa pekan terakhir.

"Keberadaan ISPU sangat penting untuk mengetahui sejauh mana pencemaran udara, terutama pada musim kemarau. Tentunya kita harapkan harus segera diganti oleh pemerintah kota Pekanbaru karena anggarannya sudah ada di dalam APBD kota untuk tahun 2012," ungkapnya ketika dikonfirmasi RiauAktual.com di gedung DPRD Kota Pekanbaru, Senin (23/8).

Herwan berharap penggantian ISPU bisa dipakai untuk deteksi dini kualitas udara di musim kebakaran lahan dan hutan untuk mengantisipasi dampak buruk bagi kesehatan masyarakat. "Setidaknya masyarakat bisa segera mendapatkan informasi udara di lingkungannya, dan mereka bisa segera waspada," terangnya. (RA)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index