Kedapatan Buang limbah Pabrik, PT WJT Berkelit

Kedapatan Buang limbah Pabrik, PT WJT Berkelit
Pencemaran Limbah

TALUKKUANTAN (RA)- Kedapatan saat membuang limbah pabrik, PT Wana Jingga Timur (WJT) yang beroperasi di Kecamatan Cerenti, Kuantan Singingi, masih saja berkelit dan menyangkal bahwa mereka tidak pernah membuang limbah sembarangan apalagi disungai.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kuansing, Sastra Febriawan usai melakukan kunjungan ke perusahaan tersebut, siang kemarin, melihat kejanggalan yang terjadi. Pada kunjungan tersebut rombongan komisi B DPRD itu, menemukan limbah pabrik PT WJT dialirkan kesungai.

"Kami dari Komisi B DPRD Kuansing melakukan kunjungan bersama BLH ke PT WJT. Di sana, kami jelas melihat  limbah dialirkan ke sungai," ucapnya, Kamis (7/1/2016)

Dia menilai, PT WJT sangat ceroboh dalam mengelola limbah. pihaknya dalam waktu dekat akan memanggil manajemen. "Dan akan kita rekomendasikan agar diberi sanksi," tegasnya

Kedatangan Komisi B ke PT WJT pada awalnya untuk membicarakan bagaimana sistem Instalasi Pengelolaan Air Limbah IPAL perusahaan tersebut berjalan. Namun, saat itu dia mendengar suara air yang mengalir cukup deras dari kolam limbah.

"Ketika ditanya, mereka tak bisa jawab. Wajah keduanya langsung pucat. Ternyata, air kolam itu mengalir dengan deras ke sungai," beber Sastra.

Manager PT Wana Jingga Timur (WJT) Raja Minorianto membantah melakukan pencemaran lingkungan dengan membuang limbah ke sungai sebagaimana yang disebutkan oleh Anggota DPRD Kuantan Singingi, tersebut. "Itu bukan limbah, tapi air hujan bercampur tanah,. Jadi, air mengendap dan sampai kemana-mana. Kita baru bisa membersihkan kemarin, karena baru mulai beroperasi pasca libur natal dan tahun baru," tutupnya. (AM)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index