ilustrasi

Dua Fakultas UIN Suska Riau temukan Web Pakarkita.com

Kamis,07 Januari 2016 - 15:45:57 WIB | Di Baca : 36561 Kali

PEKANBARU (RA)- Fakultas Ushuluddin dan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) bekerjasama membangun aplikasi website pakarkita.com, website ini merupakan sistem pakar interpretasi Al-Qur’an corak AL-Adabiy Ijtima’iy. aplikasi ini sudah sudah dipublikasi sejak dua minggu lalu.

Sistem ini menampilkan informasi, penyelesaian yang tepat dan cepat berdasarkan jenis-jenis penyakit masyarakat menurut ilmu medis, Al-Quran dan Hadits menggunakan metode Bayesian Network.

Ketua Tim DR.Afrizal Nur mengatakan sistem pakar interpetasi Al-Qur’an atau penafsiran Al-qur’an ini dibangun dengan metode penafsiran tematik. Menurutnya penafsiran ini lebih mudah.

"Kebanyakan masyarakat kita sibuk, kalau harus membaca per jilid.Sudah banyak mahasiswa yang menggunakan aplikasi ini, terutama dari Fakultas Ushuluddin dan Faste. Metode ini menggunakan sistem pakar yang memudahkan masyarakat umum untuk berkonsultasi online seperti berdiskusi dengan pakar agama.” Kata DR.Afrizal Nur ketika dikonfirmasi, Kamis (7/1/2016)

Sementara Rahmad Kurniawan, perancang sistem aplikasi web ini mengatakan, web baru ditujukan untuk Selatpanjang, Provinsi Riau.

Menurut Rahmad Kurniawan, perancang sistem, Selatpanjang dinilai tepat menjadi sampel awal karena daerah ini cukup marak kejadian prostitusi, game online, narkotika, dan penyakit masyarakat lainnnya.

"Di dalam website ini ada beberapa kategori seperti penyakit, gejala, akibat dan solusinya. Aplikasi ini dapat menggantikan pakar sehingga tidak perlu jauh datang kesana," pungkasnya. (DON)

Share Tweet Google +
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Berita TerkaitIndex