Dewan Pertanyakan Keseriusan Dishubkominfo Terkait Pengelolaan Bus Air

Dewan Pertanyakan Keseriusan Dishubkominfo Terkait Pengelolaan Bus Air
ketua komisi IV roni amriel

PEKANBARU (RA)- Masih belum berfungsinya bus air yang merupakan hibah dari pemerintah pusat kepada Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) kembali menjadi pertanyakan kalangan anggota DPRD Pekanbaru. Pasalnya hingga kini bus air tersebut masih terparkir di pelabuhan Sungai Duku.

Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Roni Amriel SH kepada wartawan, mengatakan, dari hasil kunjungan kelapangan dan mencoba bus air untuk melintasi Sungai Siak menggunakan bus air tersebut beberapa waktu lalu. Diketahui bahwa dinas tidak memiliki anggaran untuk mengoperasikan bus tersebut sebagai sarana transportasi air, untuk itu pihaknya menyarankan agar bus dioperasionalkan terlebih dahulu sebagai transportasi wisata.

"Dari hasil kunjungan dan diskusi yang dilakukan, karena tidak memiliki anggaran untuk sarana trasnportasi air bagi masyarakat yang tinggal di Kelurahan Tebing Tinggi Okura dan sekitarnya. Maka disarankan digunakan dahulu untuk trasnportasi wisata dan biayanya bisa diambil dari masyarakat yang memanfaatkan jasa tersebut," kata Roni Amriel.

Lebih lanjut dikatakannya, transportasi wisata bisa dilakukan untuk membawa masyarakat Pekanbaru mengelilingi Sungai Siak dan sekitarnya. Pasalnya untuk di Pekanbaru sendiri, lokasi wisata alam masih minim sekali sehingga banyak masyarakat yang berwisata keluar daerah. Nantinya selain mengelilingi sungai Siak, masyarakat juga dapat singgah ke Kelurahan Tebing Tinggi Okura untuk menikmati buah-buahan karena disana masih cukup banyak.

"Kita sangat berharap kendaraan ini bermanfaat untuk masyarakat. Tidak diam ditempat, sangat disayangkan kalau tidak diopersionalkan dan dikhawatirkan malah akan menjadi rusak. Penggunaan sebagai kendaraan wisata ini juga dapat membantu perekonomian masyarakat sekitar jika banyak yang berkunjung dan membeli buah-buahan warga," paparnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index