kabut asap pekanbaru

Udara Memburuk, Wako Pekanbaru Intruksikan Anak Paud, TK Diliburkan

Senin,27 Juli 2015 - 14:33:24 WIB Di Baca : 39786 Kali

PEKANBARU (RA)- Sejalan dengan semakin memburuknya kualitas udara di Pekanbaru. Walikota Pekanbaru menegaskan akan meliburkan anak sekolah khususnya Pendidikan Usia Dini (PAUD) jika ketebalan asap di Pekanbaru semakin parah.
   
"Kami akan melihat udara, jika sampai sore ini ketebalan asap semakin parah. Maka anak sekolah akan diliburkan besok selasa," ujar Walikota Pekanbaru, Firdaus MT, usai menggelar upacara HUT Koperasi, Senin (27/7).
   
Firdaus mengakui, jika saat ini pihaknya belum bisa mengeluarkan kebijakan untuk meliburkan anak sekolah. Pasalnya laporan kualitas udara terkait seberapa besar tingkat keparahannya akan keluar sore ini.

"Jika setelah kondisi hari ini, kualitas udara semkin memburuk, maka saya akan intruksikan Disdik untuk meliburkan anak sekolah khususnya PAUD dan SD, kalau untuk tingkat SMP/SMA serta perguruan tinggi mereka sudah mulai mengerti kesehatan dan bisa gunakan masker," paparnya.
   
Lebih jauh dikatakan Firdaus, kondisi udara yang saat ini banyak mengandung partikel asap, jika dihirup oleh anak-anak akan sangat berbahaya terhadap pertumbuhan kesehatan dan otak mereka pada 10-15 tahun mendatang.

"Memang saat ini dampak kabut asap ini baru terlihat sebatas terinfeksinya saluran pernafasan. Namun jangka panjang justru sangat berbahaya bagi otak generasi penerus bangsa. Sekali lagi, kami akan terus lakukan evaluasi kondisi kualitas udara Pekanbaru. Jika semakin memburuk maka anak-anak akan diliburkan," jelasnya.
   
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Prof Zulfadil sebelumnya menyampaikan hal yang sama, pihaknya belum bisa mengeluarkan kebijakan untuk meliburkan sekolah untuk mengantisipasi dampak kabut asap yang saat ini semakin mengkhawatirkan.

"Kita Disdik tidak bisa meliburkan sekolah sebelum rekomendari dari pihak Kesehatan keluar.  Jika Diskes  mengeluarkan rekom yang mengatakan konsisi udara yang tidak baik, maka kita siap untuk meliburkan aktifitas sekolah,"ungkapnya.

Berdasarkan pengamatan dilapangan, kondisi udara di Pekanbaru semakin memburuk Senin (27/7). Dimana papan ISPU menunjukkan kondisi udara tidak sehat, berubah dari kondisi hari sebelumnya yakni pada posisi sedang. Khusus pada pagi hari ini dengan jarak pandang yang ikut mulai memburuk yakni dengan jarak pandang sekitar 400 meter. (yan)

Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com