HOT TOPIC

Tidak Jelas Tujuan, Pulangkan!

Dibaca: 43093 kali  Senin,27 Juli 2015 | 11:29:51 WIB
Tidak Jelas Tujuan, Pulangkan! Ket Foto : anggota dprd pekanbaru fikri wahyudi Hamdani

PEKANBARU (RA)- Sudah seperti menjadi kebiasaan, setiap paska lebaran Idul Fitri arus perpindahan penduduk dari luar kota ke kota selalu saja terjadi. Penduduk yang memasuki kota biasanya memiliki berbagai tujuan, seperti mencari pekerjaan, pindah tugas dan ada juga yang berniat mengadu nasip dengan tanpa keahlian.

Menyikapi hal tersebut, anggota Komisi III DPRD Pekanbaru Fikri Wahyudi Hamdani SSos meminta kepada dinas terkait dalah hal ini Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Satpol PP dan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) untuk saling berkoordinasi menanggulangi hal tersebut.

"Seperti pengalaman yang sudah-sudah, biasanya dinas terkait diatas selalu melakukan razia dipintu-pintu masuk Kota Pekanbaru setiap tahunnya. Bagi orang-orang dari luar kota yang tidak memiliki identitas dan tidak jelas tujuannya ke Pekanbaru, langsung pulangkan saja," tegas Fikri.

Selain perangkat dinas terkait, lanjut Fikri, perangkat RT dan RW juga dapat berperan aktif untuk melihat jika ada warga baru yang tidak melapor ataupun tidak jelas identitasnya untuk segera melaporkan kepetugas terkait. Hal itu dilakukan agar petugas dapat segera melakukan tindakan dan mendatangi warga tersebut untuk ditanyakan identitas dan tujuannya ke Pekanbaru.

"Selain melakukan razia dipintu-pintu masuk kota, lakukan juga sidak ke pemukiman-pemukiman yang disinyalir terdapat banyak warga pendatang. Perangkat RT dan RW juga berperan penting untuk memantau hal itu. Sidak dan razia ini penting, sebelum arus bertambahnya masyarakat dari luar namun tidak memiliki tujuan dan keahlihan masuk ke Pekanbaru. Razia itu juga dapat menekan angka kejahatan dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab," tuturnya.


Akses RiauAktual.Com Via Mobile m.riauaktual.com

BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

comments powered by Disqus
BERITA TERKINI
shadow