Firdaus : Kebakaran Cik Puan Diduga Akibat Kelalaian Manusia

Firdaus : Kebakaran Cik Puan Diduga Akibat Kelalaian Manusia
walikota pekanbaru firdaus Mt

PEKANBARU (RA)- Walikota Pekanbaru, Firdaus menyebut kebakaran yang menghanguskan 380 kios di pasar Cik Puan, Senin (6/7) malam karena ulah kelalaian manusia.

"Saya rasa ini ulah manusia. Pasti ada unsur kelalaian didalamnya. Mari kita sama-sama menjaga agar dapat dihindari dari musibah kebakaran," katanya, Selasa (7/7).

Firdaus menambahkan, hingga saat ini kelanjutan pembangunan pasar Cik Puan masih simpang siur. Permasalahannya, masih berkutat pada kejelasan aset lahan yang akan dibangun Pasar Cik Puan tersebut.

"Ada Wacana kita akan melakukan penghapusan aset lahan milik Pemko untuk menggesa kelanjutan pembangunannya," sebutnya.

Ketika ditanya kapan Pemko akan melanjutkan kembali pembangunan pasar Cik Puan yang sudah terhenti sejak tahun 2012 lalu ini, Firdaus tidak bisa memberikan penjelasan yang pasti. Sebab, untuk melanjutkan pembangunan pasar itu, pihaknya harus duduk bersama dengan pihak Pemprov untuk membicarakan status lahan.

"Dari apa yang sudah dibahas, kita bersedia menghapus itu dari aset pemko dan menjadikan aset pemprov. Apakah pemprov memberikan hak pengelolaan pada pemko atau mengelola sendiri bagi kita tidak masalah," terangnya.

Selanjutnya, persoalan yang terjadi di lahan ini adalah aset yang sama-sama dicatat sebagai milik Pemko Pekanbaru seluas 7000 meter persegi dan Pemprov Riau seluas 22 ribu meter persegi. Jika nanti lahan tersebut sudah dihapuskan dari pencatan aset Pemko Pekanbaru, maka lahan tersebut sepenuhnya akan menjadi aset milik Pemprov Riau.

"Untuk pengelolaanya nanti tergantung Pemprov. Apakah mau diserahkan kepada Pemko atau dikelola sendiri oleh Pemrov. Kita ingin, musibah ini menjadi pelajaran bagi kita untuk segera menyelesaikan persoalan ini. Selama ini kita sibuk bicara soal status lahan yang tidak tuntas-tuntas, sementara masyarakat terus menjadi korban," paparnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Pekanbaru, Burhan Gurning mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati. Jangan sampai kebakaran menimpa karena kelalaian.

"Kita mengimbau kepada masyarakat agar saling menjaga, tidak usah bakar sampah, dan lahan (perusahaan) kasian masyarakat," imbuhnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index