KPU Sosialisasi Pemutakhiran Daftar Pemilih

KPU Sosialisasi Pemutakhiran Daftar Pemilih
kpu

BENGKALIS (RA)- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis menggelar Sosialisasi peraturan tentang Pemutakhiran Data dan daftar Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bengkalis Tahun 2015 yang akan digelar 9 Desember 2015 mendatang telah memasuki  tahapan pemutakhiran data pemilih. Sebagai kegiatan pertama tahapan mutakhiran data pemilih.

Dalam pemutakhiran data pemilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis 2015, harus dilakukan dari rumah ke rumah dengan melihat kartu keluarga. ''Ini tentunya menjadi tugas berat bagi KPU harus turun dari rumah ke rumah. Makanya, proses penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) cukup panjang,dari Juni sampai Oktober 2015," ujar Ketua KPU Bengkalis Defitri Akbar saat sosialisasi data pemilih Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis tahun 2015 di Gedung Daerah, Selasa pagi (30/06).

Pemutakhiran DPT akan menggunakan sistem informasi data pemilih. Jika nomor induk kependudukan salah atau tidak cocok, maka otomatis akan ditolak oleh sistem akibat prosesnya cukup panjang.  "Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis Tahun 2015 membutuhkan biaya penyelenggaraan cukup besar," kata Defitri.

Ia mengatakan untuk DP4 tidak lagi diserahkan melalui Disdukcapil Kabupaten/ Kota tapi dari Kementerian Dalam Negeri. Selanjutnya DP4 yang diterima dari Kemendagri nantinya akan disingkronisasikan dengan data pemilih Pemilu terakhir.

''Kami berharap kepada parpol, tokoh masyarakat dan pers untuk memberikan masukan kepada kami ketika ada yang belum terdaftar sebagai pemilih. Karena ini bagaimanapun sangat menentukan siapa pemimpin yang berkualitas dan betul-betul mengerti tentang Kabupaten Bengkalis," papar Ketua KPU Bengkalis Defitri Akbar. (Dr)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index