HOT TOPIC

Pekanbaru Bisa Jadi Kota Pendidikan, Ini Alasannya

Dibaca: 38399 kali  Rabu,10 Juni 2015 | 11:35:52 WIB
Pekanbaru Bisa Jadi Kota Pendidikan, Ini Alasannya Ket Foto : ilustrasi

PEKANBARU (RA)- Melihat terus meningkatnya jumlah mahasiswa yang memilih Kota Pekanbaru sebagai tempat menuntut ilmu diberbagai Universitas, Rektor Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) Dr Mubarak yakin kelak Pekanbaru akan bisa menjadi Kota Pendidikan.

"Data menunjukkan kalau jumlah Mahasiswa yang memilih Universitas di Pekanbaru sebagai tujuan untuk kuliah, dari tahun ke tahun terus meningkat, ini tentu sangat bagus bagi kemajuan pendidikan di Riau, khususnya Kota Pekanbaru," kata Mubarak.

Mubarak menyebut, Mahasiswa yang kuliah di berbagai Universitas di Pekanbaru saat ini tidak hanya dari Riau, dari Provinsi tetangga seperti Sumatera Barat, Sumatera Utara dan lainnya jumlahnya juga cukup banyak.

Hal ini tentu tak terlepas dari kondisi Pekanbaru yang aman dan kondusif,  masalah bencana alam seperti gempa bumi juga tidak menjadi ancaman, seperti di Sumbar.

Saat ini menurut Mubarak yang terpenting adalah bagaimana pemerintah daerah bisa menyikapi atau mengambil peluang itu, dengan mulai melakukan langkah-langkah agar lebih banyak lagi Mahasiswa ataupun pelajar yang datang ke Pekanbaru untuk menuntut ilmu.

"Salah satunya adalah dengan menyediakan suatu lokai khusus tempat menjual buku-buku murah, seperti yang dilakukan oleh daerah seperti Jogjakarta dan Bandung, pemeran pemerintah Kota sangat diperlukan mewujudkan hal ini," kata Mubarak.

Mubarak menambahkan, akan banyak manfaat dan keuntungan bagi Pekanbaru jika nantinya bisa menjadi Kota Pendidikan, terutama dari sektor ekonomi.

"Ekonomi masyarakat akan mampu meningkat, misalnya dari penyediaan rumah kontarakan, kos-kosan, belum lagi dari mereka berbelanja untuk kebutuhan sehari-harinya, tentu ini akan menjadi nilai tambah bagi ekonomi masyarakat," pungkasnya.

 

Laporan : romg


Akses RiauAktual.Com Via Mobile m.riauaktual.com

BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

comments powered by Disqus
BERITA TERKINI
shadow