HOT TOPIC

Sekolah di Riau Akan Dibangun Lengkap Dengan Asrama

Dibaca: 37781 kali  Kamis,09 April 2015 | 11:18:35 WIB
Sekolah di Riau Akan Dibangun Lengkap Dengan Asrama Ket Foto : sekolah

RIAU (RA)- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Riau akan mulai melaksanakan program pembangunan sekolah lengkap dengan asrama bagi siswa, tahun ini, program dalam rangka terus membangun Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas ini akan dilaksanakan di Dua kabupaten.

Plt Kadisdikbud Riau Dwi Agus Sumarno menjelaskan, program yang dirancang sejak awal dirinya menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Riau beberapa waktu lalu tersebut, merupakan bagian untuk memberi kesempatan bagi anak usia sekolah yang tidak bersekolah untuk sekolah, karena itu adalah hak mereka sebagai warga negara Indoensia.

"Untuk tahun ini akan dibangun di Dua Kabupaten, yakni Rokan Hilir (Rohil) dan Indragiri Hilir (Inhil). Karena di dua daerah ini lahan telah disediakan oleh Pemkab nya, karena kita dari Provinsi hanya menggarkan untuk pembangunan sekolah dan kelengkapan sekolah, itu dianggarkan secara bertahap," jelas Dwi.

Dwi menyebut, disekolah tersebut nantinya akan menerima siswa dari kalangan keluarga kurang mampu, ank usia sekolah yang tidak bersekolah, karena seluluruh anak usia sekolah wajib sekolah, jangan ada lagi anak-anak itu diekploitasi untuk bekerja, dengan jenis sekolah yang akan dibangun adalah SMP, SMA dan SMK.

"Ini juga dalam rangka mensukseskan program pendidikan Wajar 12 tahun. Dengan membangun satu komplek pendidikan lengkap dengan asrama, kita berharap peserta didik akan bisa lebih fokus dan menjadikan waktu mereka sebagian besar untuk belajar, sehingga kita harapkan kualitas mereka juga akan lebih baik,"kata Dwi.

Dwi menyebut, dalam komplek pendidikan itu, peserta didik tak kalah pentingnya akan dibekali dengan ilmu-ilmu agama, sehingga mereka bisa menghadapi zaman yang terus berkembang dengan keiaman dan ketaqwaan.

"Arus dan pengaruh budaya luar sangat kuat pengaruhnya, jadi dengan dibentengi dengan nilai-nilai agama, kita harapkan mereka bisa kuat dari segi akhlak dan unggul dari sisi ilmu pengetahuan umum," pungkasnya.

 

Laporan : romg


Akses RiauAktual.Com Via Mobile m.riauaktual.com

BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

comments powered by Disqus
BERITA TERKINI
shadow