ils

Untuk SMA Sederajat di Riau, Pekan Depan Soal UN Didistribusikan

Selasa,24 Maret 2015 - 10:34:02 WIB | Di Baca : 36464 Kali

RIAU (RA)- Proses penggandaan soal Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat yang dikerjakan oleh PT Binta Grafindo telah selesai. Selanjutnya soal-soal tersebut akan didistribusikan ke Kabupaten dan Kota pada 29-31 Maret 2015 mendatang.

Menurut Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riau Dwi Agus Sumarno, percetakan soal UN yang dilakukan sejak awal Maret lalu tersebut sudah selesai, dan juga sudah dilakukan pengecekan terhadap terjadinya kesalahan percetakan dan lainnya. "Semuanya sudah tidak ada masalah, dan akan mulai di distribusikan mulai tanggal 29 Maret mendatang," jelas Dwi.

Dwi menjelaskan, pendistribusian soal UN tersebut akan dikawal oleh pihak keamanan, begitu juga hingga saat ini soal UN yang telah selesai dicetak mendapat pengawalan dari pihak keamanan. "Karena itu, kita minta kalau ada siswa atau pun orang tua yang mendapatkan penawaran akan adanya soal UN ini, jangan pernah mempercayainya," tegas Dwi.   

Pelaksanaan UN SMA sederajat sendiri menurut Dwi akan dimulai pada 13 April mendatang, baik itu untuk UN sistem Lembar Jawaban, maupun UN sistem komputer. Untuk standar nilai lulus UN tahun adalah 55.

"Tapi yang perlu juga diingat hasil UN ini bukan untuk menentukan kelulusan, masih ada nilai-nilai lain yang akan menjadi patokan dalam meluluskan seorang siswa, karena itu jika nantinya ada yang tidak lulus, jangan mengikuti ujian pada paket C, lebih baik mengulang pada tahun berikutnya," himbau Dwi.

Mengenai jumlah peserta UN tahun ini, untuk SMA/MA/SMALB berjumlah 50.397 siswa, dan untuk SMK sebanyak 23.047 peserta. "Dan untuk SMP/MTs sederajat sebanyak 111.489 peserta," ujarnya mengakhiri.

 

Laporan : romg

Share Tweet Google +
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Berita TerkaitIndex