Tingkatkan SDM, BPBPK Pekanbaru Akan Mengirim 20 Petugas Untuk Mendapatkan Pelatihan Pemadam

Tingkatkan SDM, BPBPK Pekanbaru Akan Mengirim 20 Petugas Untuk Mendapatkan Pelatihan Pemadam
ilustrasi

PEKANBARU (RA)- Guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) petugas pemadam kebakaran. Tahun 2015 Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) kota Pekanbaru bakal mengirim 20 petugas ke Jakarta untuk mendapatkan pelatihan.

"Sebelumnya kami sudah mengirim tim khusus yang selama ini bertugas memeriksa bangunan. Ada jumlah tim yang dikirim kepusat ini sebanyak 4 orang untuk mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikat pemadam," ujar Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) kota Pekanbaru, Hermanto Yasin.

Menurut Hermanto, pelatihan ini merupakan hal yang wajib diterima para anggotanya. Pasalnya pekerjaan yang mereka kerjakan ini penuh resiko baik terhadap bangunan maupun kepada diri sendiri.

"Karena menyadari pelatihan ini sangat penting. Maka tahun ini jumlah petugas yang kita kirim ke Pusat jauh lebih banyak yakni 20 orang yang akan mengikuti pelatihan," jelas Manto sapaan akrabnya.

Hermanto menambahkan, pelatihan  petugas ini merupakan Program Pemerintah Pusat. Namun untuk pembiayaannya sudah dianggarkan dalam APBD 2015 Kota Pekanbaru yang disebut dana pelatihan.

"Petugas yang sudah mendapat pelatihan ini akan diperbantukan menghitung berapa banyak racun api yang dibutuhkan suatu bangunan. Hasil perhitungan tersebut dijadikan rekom dari BPBPK yang akan diteruskan ke Dinastarubang Kota Pekanbaru," tutupnya.

 

Laporan : nti

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index