HOT TOPIC

Isu SMA Olahraga Ditutup, Ini Kata Dinas Pendidikan Riau

Dibaca: 86839 kali  Jumat,30 Januari 2015 | 10:54:46 WIB
Isu SMA Olahraga Ditutup, Ini Kata Dinas Pendidikan Riau Ket Foto : ilustrasi

RIAU (RA)- Dua dinas akan mengurus Sekolah Menengah Olahraga Provinsi Riau pada tahun 2015 ini, yakni Dinas Pendidikan (Disdik) Riau dan Dinas Pemuda dan Olahraga Riau, Selama ini SMA Olahraga berada di bawah naungan Disdik Riau.

Penegasan ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Riau Dr Dwi Agus Sumarno. "Ya memang betul SMA Olahraga tidak hanya Disdik yang bertanggung jawab mengurusnya namun juga Disdikpora Riau. Jadi tidak benar SMA Olahraga mau ditutup tapi SMA Olahraga ini akan diurus oleh dua dinas yakni Disdik Riau dan Disdikpora Riau," jelas Dwi, di kantornya.

Dwi menyebut, kesepakatan dalam hal mengurus SMA Olahraga bersama dengan Disdikpora telah dibicarakan dengan Kadispora Riau. Dalam hal ini, Disdik Riau hanya mengurus pendidikan formal seperti peningkatan prestasi akademik, guru dan siswa sedangkan Disdikpora Riau mengurus peningkatan prestasi olahraga mulai dari latihan siswa hingga memilih pelatih olahraga untuk SMA Olahraga.

"Kalau selama ini peningkatan akademik dan peningkatan prestasi olahraga siswa selalu kita menghandle tapi tahun ini dibagi dua, Disdik Riau yang mengurus pendidikan formal dan Disdikpora mengurus latihan siswa," kata Dwi.

Tidak hanya itu saja, lanjutnya, Disdikpora juga nanti akan mengurus makan dan minum yang dibutuhkan oleh siswa SMA Olahraga, peningkatan sarana prasarana olahraga.

"Selama ini makan dan minum siswa, sarana kelengkapan olahraga juga kita yang anggarkan. Tahun ini, makan minum dan sarana pendukungnya sudah dialokasikan Disdikpora. Kita hanya kualitas guru dan prestasi akademik siswa," ujar Dwi.

Dwi menambahkan, pada penerimaan siswa baru tahun 2014 lalu, tidak lagi menjadi kewenangan Disdik Riau namun juga sudah diserahkan ke Disdikpora Riau. Sebab, Dispora Riau yang mengetahui siswa yang berbakat dibidang olahraga dimasing masing daerah.

"Tahap awal telah kita mulai dengan memberi kewenangan kepada Disdikpora dalam penerimaan siswa baru. Dan ini akan berlanjut pada penerimaan siswa baru tahun tahun selanjutnya," tutupnya.


Akses RiauAktual.Com Via Mobile m.riauaktual.com

BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

comments powered by Disqus
BERITA TERKINI
shadow