ilustrasi

Disdik Siapkan Proses Lelang Materi UN

Rabu,14 Januari 2015 - 17:22:34 WIB Di Baca : 35351 Kali

RIAU (RA)- Kembali diberikannya kewenangan kepada provinsi untuk melakukan penyiapan materi Ujian Nasional (UN) oleh Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah, Dinas Pendidikan Riau saat ini mulai mempersiapkan proses lelang untuk materi soal UN 2015.

Menurut Sekretaris Dinas Pendidikan Riau Abdul Kadir, pelimpahan kewenangan penyiapan materi soal UN itu oleh daerah berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan dan Menangah, tahun 2015.

"Pihak kementerian Pendidikan tahun ini telah mengembalikan kepada daerah untuk mencetak soal UN tahun ajaran 2014/2015, ini dimaksudkan untuk bisa lebih efisien dalam hal pengiriman soal-soal ke masing-masing Kabupaten/Kota di masing-masing Provinsi," jelas Kadir, Rabu (14/1).

Kadir juga menyebut kalau keputusan lelang materi UN di daerah, setelah Kementerian Pendidikan melakukan evaluasi tentang plus dan minusnya pencetakan atau pelelangan soal dilakukan terpusat seperti tahun-tahun sebelumnya.

Keterlambatan distribusi bahan UN tahun sebelumnya terjadi lantaran proses lelang pengadaaan atau pencetakan naskah digabung dengan daerah lain.

"Lain halnya dengan proses lelang dan pencetakan dilakukan di daerah, maka setelah pemenang lelang selesai melakukan pengepakan, naskah soal langsung bisa dikirim untuk kemudian didistribusikan ke kabupaten maupun kota di Riau," pungkasnya.

Mengenai anggaran untuk percetakaan soal UN tersebut, Kadir mengaku kalau semuanya disiapkan oleh Pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah. "Untuk biaya pencetakannya, dari pemerintah pusat," sebutnya.

Ditanya mengenai jumlah peserta UN untuk semua jenjang pendidikan tahun ini, Kadir mengaku belum bisa mengatakan, karena masih dihimpun dari Kabupaten/Kota.

"Untuk pesertanya belum, kalau untuk pelaksanaannya, UN tingkat SMA/MA dan SMK, akan dilaksanakan pada SMP sederajat tanggal 27 April - 30 Aprill 2015," ujarnya.

 

Laporan : romg

Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com