Masyarakat Rohil DIhimbau Waspada DBD

Masyarakat Rohil DIhimbau Waspada DBD
ilustrasi

PEKANBARU (RA)- Pasca musim hujan ini, masyarakat Rohil khusus Baganbatu, Kecamatan Bagansinembah dihimbau waspada terhadap ancaman demam berdarah dengue (DBD) yang mematikan.

Kepala Puskesmas Baganbatu dr Josafat, kepada wartawan, kemarin mengatakan, dalam berapa pekan ini Baganbatu sering diguyur hujan, baik di pagi hari, siang, sore dan malam harinya.

Sebelum DBD menyarang manusia, maka alangkah baiknya masyarakat meningkatkan kesadaran tentang kebersihan lingkungan. Seperti melakukan kebersihan perkarangan rumah, kuras bak mandi dan menuangkan bubuk abate anti jentik-jentik nyamuk agar tidak berkembang biak, serta mengubur barang bekas yang dapat menampung air bersih, sebab nyamuk DBD sangat suka pada air yang bersih dan jernih.

"Apabila ada masyarakat terindikasi DBD dimohon cepat menghubungi Puskesmas Baganbatu. Bila ada korban segera mukin dibawa berobat dan jangan tunggu lama-lama. Karena DBD sangat berbahaya sekali," paparnya.

Tindakan yang akan dilakukan Puskesmas Baganbatu, lanjut Josafat, apabila ada kahsus ditemukan, pihak Puskesmas turun lansung melakukan penyemprotan DBD.

"Masalah dampak DBD kita tindak tunggu lama-lama begitu ada masyarakat kena serang DBD kami turun melakukan penyemprotan," pungkasnya.

 

Laporan : riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index