ilustrasi

Sudah Hampir Memasuki Akhir Tahun Jaringan Listrik di Rupat Belum Dikerjakan

Selasa,09 Desember 2014 - 10:44:30 WIB Di Baca : 31545 Kali

BENGKALIS (RA)- Sampai dengan minggu kedua bulan Desember ini, pemasangan jaringan distribusi listrik di kecamatan Rupat tepatnya desa Sungai Cingam-desa Pangkalan Nyirih belum dikerjakan rekanan sama sekali. Kalangan masyarakat mendesak rekanan melalui Dinas Pertambangan dan Energi segera merealisasikan jaringan distribusi listrik tersebut.

Anggota DPRD Bengkalis asal Rupat Nurazmi Hasyim menyampaikan soal pemasangan jaringan distribusi listrik dari desa Sungai Cingam hingga Pangkalan Nyirih sudah akhir tahun 2014 belum menunjukan hasil maksimal.

Rekanan pelaksana kegiatan belum melakukan pemasangan sama sekali, sehingga dikhawatirkan pada akhir tahun anggaran habis tidak akan terealisasi dan masyarakat dirugikan. Karena sudah terlalu lama masyarakat Rupat menantikan rumah-rumah mereka dialiri listrik.

"Terlepas siapapun rekanan pelaksana kegiatan pemasangan jaringan distribusi listrik di pulau Rupat kita mendesak untuk segera memulai pemasangan jaringan distribusi listrik yaitu tiang-tiang listrik. Bahkan informasi yang saya rangkum dari warga malahan travo listriknya sudah sampai di lokasi pemasangan jaringan distribusi, sedangkan tiang listriknya sendiri belum ada," kata Nurazmi.

Politisi Partai Demokrat itu menyebutkan bahwa Distamben Bengkalis selaku leading sector kegiatan tersebut harus pro aktif mendesak rekanan menuntaskan pekerjaan tersebut karena tahun anggaran 2014 akan segera berakhir.

Hal itu juga dikarenakan saat ini untuk listrik di pulau Rupat sudah ada daya melalui jaringan interkoneksi bawah laut, tinggal lagi jaringan distribusi sehingga begitu jaringan distribusi terpasang daya bisa langsung terpasang sehingga masyarakat dapat secepatnya menikmati aliran listrik. Jangan sampai tahun 2014 berakhir jaringan distribusi belum terpasang.dan menunggu lagi sampai tahun depan.

"Sekarang ini sudah ada jaringan interkoneksi bawah laut, tinggal lagi bagaimana pemerintah menyiapkan jaringan distribusinya. Selama ini di pulau rupat masyarakat yang tergolong mampu menggunkaan mesin genset untuk penerangan rumah mereka di malam hari ataupun listrik swasta yang dibayar secara swadaya. Oleh karena itu kita berharap persoalan listrik di Rupat dapat terselesaikan secepatnya tentunya dengan keseriusan seluruh stake holder," tukas Nurazmi yang juga ketua KNPI Kecamatan Rupat itu.

Terpisah kepala bidang kelistrikan dan sumber daya Distamben Bengkalis Azuri yang dikonfirmasi menjelaskan bahwa saat ini rekanan pelaksana segera akan memulai pemasangan jaringan distribusi yaitu tiang listrik di dua desa tersebut.

Belum dipasangnya jaringan distribusi dikarenakan sampai awal Desember tiang beton belum sampai ke lokasi pekerjaan karena rekanan harus memesan ke luar daerah terlebih dahulu. Beberapa hari lalu tiang listrik sudah sampai di Rupat dan rekanan sudah menyampaikan kesanggupannya untuk menyelesaikan akhir tahun.

"Insyaallah akhir tahun ini pelaksanaan pekerjaan pemasangan jaringan distribusi tuntas dikerjakan rekanan. Begitu tiang listrik sampai mereka langsung men-corkan tiang serta memasang travo. Jadi sejauh ini tidak ada masalah berarti karena rekanan masih komit dan sanggup menuntaskan pekerjaan mereka pada tahun anggaran berakhir," terang Azuri.

 

Laporan : romg

Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com