HOT TOPIC

Disdik Riau Belum Terima Surat Penghentian Kurikulum 2013

Dibaca: 38574 kali  Selasa,09 Desember 2014 | 10:37:49 WIB
Disdik Riau Belum Terima Surat Penghentian Kurikulum 2013 Ket Foto : kurikulum 2013

RIAU (RA)- Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan telah mengeluarkan keputusan menghentikan pelaksanaan kurikulum 2013 (K13), khusus bagi sekolah yang belum melaksanakan K13 selama tiga semester.

Terkait hal itu, Dinas Pendikan Riau mengaku belum menerima secara resmi surat pemberitahuannya atau edara dari Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah.

"Sejauh ini kita baru memperolah informasinya dari media, kalau secara resmi melalui surat belum ada," jelas Kepala dinas Pendidikan Riau Dwi Agus Sumarno.

Menurut Dwi, di Provinsi Riau untuk melaksanakan K13 ini memang sangat sulit, karena luas wilayah serta sumber daya energi tak sampai di lokasi sekolah. Dengan demikian bagaimana guru bisa menggunakan infocus, internet dan sebagainya saat mengajar.

Ini ditambah keberadaan Telkom yang belum berani sampai ke tingkat desa. Hanya sampai kota, kabupaten serta beberapa Kecamatan.

"Karenanya Disdik menyurati kementerian. Hasilnya, pihak kementerian membuat surat agar meninjau ulang pelaksanaan K13. Di mana sekolah yang baru menerapkan satu semester diminta tidak melanjutkan dulu K13 dan kembali Kurikulum 2006," kata Dwi.

Dengan demikian, pelaskanaan K13 itu bukan dihapus, melainkan akan dilakukan penyempurnaan. Akan tetapi, untuk menerapkan hal itu di Riau, harus ada hitam putihnya, Disdik Riau akan mengacu pada edaran dari kementerian dalam melaksanakan keputusan tersebut.

Sebagaimana diketahui, pemberhentian pelaksanaan K13 bagi sekolah yang baru melaksanakan atau belum sampai semester 3 itu, disampaikan Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah baru-baru ini.

Dikesempatan itu Anies meminta sekolah yang sudah melaskanakan K13 sampai semester 3, agar melanjutkan, sementara untuk yang dibawah semenster 3 diminta untuk menghentikan dan kembali kepada Kurikulum 2006 atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

 

Laporan : romg


Akses RiauAktual.Com Via Mobile m.riauaktual.com

BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

comments powered by Disqus
shadow