10 Napi Dilapas Bengkalis Terinfeksi HIV/AIDS

10 Napi Dilapas Bengkalis Terinfeksi HIV/AIDS
HIV/AIDS

BENGKALIS (RA)- Sepuluh narapidana di Lapas Kelas II A Bengkalis, terindikasi mengidap virus HIV/AIDS.

"Berdasarkan data kami, ada Sepuluh napi dinyatakan positif HIV/AIDS. Tetapi kami menduga ada 10 lebih napi di Lapas ini yang mengidap virus HIV/AIDS," kata  Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Bengkalis Ismail Mayuddin kepada wartawan.

Dari sepuluh napi yang positif terindikasi HIV/AIDS  tersebut, rata- rata dikarenakan penggunaan narkoba suntik (Penasun). Dan kesepuluh orang ini tidak dipisahkan tempatnya dengan para napi yang lain.

"Karena kita tahu, HIV/AIDS ini tidak mudah tertular dengan hanya sentuhan tangan atau tubuh, Dia hanya tertular jika melakukan hubungan kelamin, tranfusi darah dan penggunaan narkoba jenis suntik," kata Ismail.

Menurut Ismail pihaknya telah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis untuk melakukan pemeriksaan rutin. Selain dengan pemeriksaan rutin, imbuh dia, pencegahan yang dilakukan untuk menanggulangi penyebaran HIV di dalam lapas dengan memutus mata rantai penularan, seperti mencegah perilaku berisiko dan mengurangi risiko dengan program harm reduction.

 

Laporan : romg

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index