Komisi III Kaget Sekolah Beli Buku Paket Pakai Dana BOS

Komisi III Kaget Sekolah Beli Buku Paket Pakai Dana BOS
Ketua Komisi III Ir Nofrizal MM

PEKANBARU (RA)- Ketua Komisi III DPRD Kota Pekanbaru kaget saat mendengar ada sekolah yang menggunakan dana bantuan operasional sekolah (BOS) untuk membeli buku paket 2013. Komisi III berencana akan memanggil dinas terkait guna meminta keterangan soal dana tersebut.

"Saya terkejut mendengar adanya pihak sekolah yang menggunakan anggaran BOS untuk pembelian buku kurikulum 2013, untuk itu nantinya kita akan mempertanyakan bagaimana sistem pembelian buku kurikulum 2013 tersebut," kata Nofrizal, saat dikonfirmasi, Jumat (28/11/2014).

Penggunaan dana BOS dalam pembelian buku kurikulum 2013 memang menjadi simpang siur dalam teknis pembeliannya. Sebelumnya penggunaan dana BOS dilarang untuk pembelian buku kurikulum 2013 oleh pihak sekolah. Namun aneh, di Kota Pekanbaru masih ada pihak sekolah menggunakan dana bos untuk pembelian buku. Padahal pembelian buku kurikulum sudah dianggaran oleh pemerintah melalui APBN dengan nama Dana Dekonsentrasi.

"Setahu saya dana BOS tersebut tidak boleh digunakan oleh pihak sekolah untuk pembelian buku, kan sudah ada dianggarkan tersendiri untuk buku paket K13 itu. Untuk itu, nantinya kita akan meminta penjelasan kepada Disdik Kota Pekanbaru," paparnya.

Kedepan politisi PAN ini meminta pihak sekolah agar berhati-hati menggunakan dana BOS. Manfaatkan dana BOS sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

"Penggunaan dana BOS itu penjelasannya harus ada dan harus diketahui oleh pihak wali murid yang diwakili oleh komite sekolah. Makanya sistem penggunaan dana BOS tersebut harus terprogram sesuai dengan kebutuhan sekolah," pungkas Nofrizal.

 

Laporan : ysf/rik

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index