Pemko Pekanbaru Tiap Tahun Buang Rp3,5 M Tuk Pasar Pemerintah

Pemko Pekanbaru Tiap Tahun Buang Rp3,5 M Tuk Pasar Pemerintah
Pasar Rumbai

PEKANBARU (RA)- Berdasarkan data Dinas Pasar Kota Pekanbaru, 6 pasar milik Pemerintah Seperti Rumbai, Cikpuan, Simpang Baru, Pasar 50, Agus Salim, Palapa, tiap tahunnya menghabiskan biaya Sebesar Rp4 miliyar.

Sementara Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang di dapat dari pengoperasian 6 pasar ini hanya Rp 500 juta, atau 12,5 persen.

Walikota Pekanbaru Firdaus MT, mengkritik keras besarnya subsidi yang harus di keluarkan oleh pemko tiap tahunnya. Nilainya mencapai Rp3,5 miliyar.

"Ini namanya kita membuang-buang uang saja, setelah pasar di bangun dengan APBD, ternyata tidak bisa memberikan kontribusi, kalau di bangun ke gedung sekolah dapat berapa,? "ujarnya geram.

Makanya lanjut Firdaus dalam rapat Evaluasi Hasil pembangunan pemko Pekanbaru hingga Juli 2012. Pemko Pekanbaru memiliki pemikiran kedepan untuk menyerahkan pengelolaan pasar Pemerintah ke Perusahaan Daerah.

"Kedepan kita ingin semua pasar Pemerintah di kelola oleh perusahaan daerah sebagai enter preneir sehingga Pemerintah tidak merugi lagi.

Kepala Dinas Pasar Zulkifli, dalam laporannya menyebutkan, untuk pasar  Rumbai saja setahun bisa menghabiskan biaya Rp 782 juta.

"Target PAD pasar Rumbai, tahun lalu Rp 505 juta, realisasi RP 491 juta. Sementara tahun 2012 target PAD,Rp 700," ujarnya.

Zulkifli menyatakan pihaknya kesulitan menarik retribusi Pasar Rumbai. Pasalnya sewa yang di terapkan oleh pemko di keluhkan besarannya oleh PKL. "Kita kewalahan menarik sewa, banyak yang mangkir," tandasnya.(RA)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index