ilustrasi

Dipamerkan di Bandung dan Bali Diskop Pekanbaru Persiapkan Produk Andalan

Jumat,07 November 2014 - 10:30:59 WIB Di Baca : 44548 Kali

PEKANBARU (RA)- Keberadaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menegah (UMKM) merupakan salah satu bentuk geliat perekonomian di masyarakat. Melalui jenis usaha itu, taraf hidup masyarakat kelas menengah kebahah dapat perlahan naik seiring dengan peningkatan kesejahtraan.

Berdasarkan data dari Dinas Koperasi dan UMKM Pekanbaru, ada sekitar 12 ribu pelaku UMKM yang berjalan di Pekanbaru. "Selaku Satker yang bertugas dalam memberikan pembinaan dan fasilitator terhadap UMKM, kita selalu mengawasi perkembangannya," ujar Kepala Diskop-UMKM, Zulkifli di kantornya.

Dikatakan mantan Kadis DKP Pekanbaru mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah mempersiapkan beberapa UMKM untuk mengikuti kegiatan dan pameran di beberapa kota di Indonesia pada akhir tahun ini. Beberapa produk unggulan Pekanbaru, seperti songket tenun, kerajinan rotan, dan aksesoris lainnya juga telah dipersiapkan untuk mengikuti pameran tersebut.

"Akhir tahun ini ada banyak kegiatan yang dilakukan oleh Kementrian Koperasi. Kita saat ini tengah mempersiapkan beberapa UMKM di untuk berangkat ke Bandung dan juga Bali untuk mengikuti pameran," ungkapnya.

Dikatakan Zulkifli juga bahwa akan ada pelatihan tingkat nasional yang diadakan di Yogyakarta. "Kita juga mempersiapkan untuk kegiatan itu," tambahnya.

Mengenai persiapan tersebut, Zulkifli menjelaskan bahwa ia telah melakukan berbagai pelatihan untuk meningkatkan kualitas pelaku usaha. Mulai dari tahap pembentukan, perizinan, pembukuan, dan sebagainya. "Pelatihan ini akan terus kami lakukan agar tumbuh pengusaha baru dan yang lama juga tetap bisa bertahan," tutupnya.

 

Laporan : romg

Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com