PCR Gelar Seminar Teknik Nasional

PCR Gelar Seminar Teknik Nasional
Ilustrasi. (int)

PEKANBARU, RiauAktual.com - Untuk kedua kalinya politeknik Caltex Riau (PCR) bersama Politeknik Negeri Batam menggelar seminar nasional bertajuk applied business and enginering conference (ABEC 2014). Bertempat di gedung serba guna PCR dengan menghadirkan Ketua Tim pelaksana dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Nasional Dr Ing Ilham Akbar Habibie MBA sebagai pembicara utama, Rabu (29/10/2014).

Direktur PCR Dr Hendriko dalam pidatonya mengatakan, acara yang digelar setiap satu tahun sekali ini sebagai sarana publikasi dan silaturahmi antara insan peneliti, dengan akademisi, praktisi dan masyarakat umum guna menambah cakrawala pengetahuan dalam bidang rekayasa dan bisnis terapat.

"Tahun ini giliran PCR menjadi tuan rumah yang mana sebelumnya diselenggarakan di Politeknik Negeri Batam," kata Hendriko.

Serbenarnya, jelasnya, ini adalah kegiatan yang bertujuan mengajak seluruh politeknik yang ada di Sumatera agar bisa bergabung.

"Sehingga tahun depan bisa diselenggarakan di tempat yang berbeda dan baru lagi. Untuk aeral memang PCR dan Politeknik Negeri Batam pelopornya," ujar Hendriko.

Seminar yang mengangkat tema "Teknologi untuk Kemandirian bangsa dalam Menghadapi Persaingan Global" merupakan materi yang dipaparkan Dr Ing Ilham akbar Habibie MBA yang dilanjutkan dengan diskusi panel oleh peserta dan pemakalah.

"Hari pertama ini akan diisi orasi ilmiah yang disampaikan Ilham Habibie, selanjutnya diskusi panel dari pemakalah yang berjumlah 104 orang. Dan hari kedua akan diisi kunjungan industri ke PT CPI," sebut Hendriko.

Kata dia, perlu dilakukan kebersamaan visi dalam pembentukan politeknik agar membawa keuntungan. "Kesamaan visi antara SDM dan SDA harus dilakukan untuk memudahkan untuk penyediaan SDM," kata dia.

"Ketertinggalan kita ada di teknologi, sementara SDA banyak, makanya kedepan harus ada upaya dengan adanya SDA dibuatmatang, tidak mungkin itu bisa dikembangkan tanpa teknologi," katanya. (ver)

Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index