Penyaluran Kredit Bank Riau Kepri capai Rp1,82 Triliun

Penyaluran Kredit Bank Riau Kepri capai Rp1,82 Triliun
logo bank riau

RIAU (RA)- Bank Riau Kepri menyalurkan kredit senilai Rp1,82 triliun kepada 26.790 pelaku usaha mikro dan kecil yang tersebar di dua provinsi tersebut sepanjang periode Januari-September 2014.
 
Afrial Abdullah, Direktur Kredit dan Syariah Bank Riau Kepri, mengatakan perusahaan fokus mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan memberikan akses tambahan modal. Minimnya akses pelaku usaha terhadap perbankan membuat pelaku UMKM sulit melakukan ekspansi untuk mengembangkan usahanya.
 
"Rp1,82 triliun itu hanya kredit untuk usaha mikro dan kecil. Kalau ditambah dengan usaha menengah, jumlahnya mencapai 40% dari total kredit kami senilai Rp13 triliun," katanya, seperti dimuat Bisnis.
 
Afrial menuturkan Bank Riau Kepri juga memberikan pelatihan administrasi laporan keuangan, agar pelaku UMKM dapat memisahkan dana yang harus diputar sebagai modal dengan keuntungan. Pasalnya, mayoritas UMKM masih dikelola secara sederhana sebagai bisnis keluarga.
 
Selain mempermudah penyaluran kredit dan memberikan pelatihan, Bank Riau Kepri juga memberikan pendampingan agar dana kredit yang disalurkan dapat digunakan secara tepat. Dengan begitu, pelaku UMKM dapat dengan mudah mengembangkan usahanya melalui tambahan modal yang diperoleh dari kredit perbankan.
 
Bank Riau Kepri sendiri secara rutin memberikan penghargaan kepada UMKM binaannya yang dianggap sukses dan mampu memberikan dampak positif bagi industri kecil di Riau dan Kepulauan Riau.

Tahun ini, penghargaan diberikan kepada usaha mikro, usaha kecil bidang jasa perdagangan, dan usaha kecil bidang jasa industri.
 

Laporan : romg

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index