Jembatan Siak III, DPRD Riau Tawarkan Dua Opsi

Jembatan Siak III, DPRD Riau Tawarkan Dua Opsi
jembatan Siak III

RIAU (RA)- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau melalui komisi D meminta agar Dinas Bina Marga melakukan ekspose sebelum melakukan uji beban pada jembatan siak III yang rencananya memang akan dilakukan minggu ini.

Demikian hal tersebut disampaikan Ketua Komisi D DPRD Riau, Erizal Muluk, di DPRD Riau, menurutnya hal tersebut berdasarkan keinginan dari komisi dari hasil rapat bersama dengan Dinas Bina Marga.

"Jadi, memang keinginan kita sebelum dilakukan loading test lebih dulu dilakukan ekspose dengan DPRD barulah kemudian loading test ini dilakukan," jelas anggota DPRD Riau daerah pemilihan Kota Pekanbaru ini.

Lebih jauh disampaikanya dalam pertemuan tersebut Komisi D juga mempertanyakan terkait lambatnya perbaikan jembatan Siak III yang tak kujung selesai. Untuk itu dirinya menyebutkan ekspose yang harus dilakukan naninya harus dengan konsultan perencanaan, pengawas, Dinas Bina Marga, Kontraktor.

"Berdasarkan usulan pertemuan tadi makanya dilakukan ekspose di Komisi D barulah kemudian uji beban dilakukan. Kenapa kita minta dilakukan ekspose. Karena supaya semaua duduk persoalan jelmbatan Siak III ini jelas. Apa yang jadi kendala kok sudah pernah beroperasi tiba-tiba dihentikan alasanya cuma karena pembagian beban pada hanggar yang tidak sama," sambung Erizal Muluk didampingi Wakil Ketua Komisi D DPRD Riau Hardiyanto.

Jika seandainya dari hasil loading test tersebut tidak layak digunakan akan ada dua kemungkinan menurut Erizal Muluk. "Dua Kemungkinan akui saja bahwa ini sebuah kesalahan kemudian kita perjuangkan. Tapi, jika tidak diakui kesalahan bisa tidak bertanggung jawab dengan masyarakat Pekanbaru jika ada insiden nantinya," sebutnya.

Dengan demikian ada dua kemungkinan yang akan dilakukan nantinya apakah dibongkar atau jembatan yang diresmikan pada akhir tahun 2011 tersebut akan kembali dioperasikan kembali.

"Tentunya nanti harus ada jaminan bahwa jembatan yang dipakai layak. Dengan demikian harus ada garansi," katanya.

Sementara itu, dalam pertemuan dengan komisi D, Kepala Dinas Bina Marga pastikan minggu ini sudah mulai melakukan uji beban jembatan Siak III. Kapan bisa dioperasikan, tergantung dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Kementerian PU.

Untuk hangar sendiri menurut Marjohan sudah tidak ada masalah Pekerjaan perbaikan sudah selesai dilakukan.
 

Laporan : romg

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index