Ditlantas Polda Riau Sosialisasikan Tertib Lalu Lintas di SMPN 29 Pekanbaru

Ditlantas Polda Riau Sosialisasikan Tertib Lalu Lintas di SMPN 29 Pekanbaru
Ditlantas Polda Riau Sosialisasikan Tertib Lalu Lintas di SMPN 29 Pekanbaru. FOTO: ADE

PEKANBARU, RiauAktual.com - Kompol Sumarno, Kasi Dikmas Subdit Dikyasa Ditlantas Polda Riau beserta tim adakan sosialisasi tertib berlalulintas untuk murid SMPN 29 Pekanbaru. Kegiatan ini dalam rangka menyampaikan pentingnya tertib berlalu lintas kepada pelajar. Adapun kegiatan tersebut merupakan program dari Polda Riau yakni program Police Go to School, yang dilaksanakan di halaman SMPN 29 Pekanbaru, Jumat (10/10).

Menurut Sumarno, tertib itu bukan hanya berlalu lintas saja tapi bisa ditanamkan tertib berlalu lintas itu dalam diri sendiri, seperti di lingkungan sekolah maupun di lingkungan sekitar. Maka dalam materinya disampaikan menyangkut tentang sopan santun di jalan raya, tertib berlalulintas dan tentang berkendaraan yang berkeselamatan.

"Dari lingkungn sekolah inilah tertib akan berjalan sendiri juga tertib di jalan raya. Contohnya dapat datang ke sekolah tepat waktu, merapikan buku-buku, dan menaati aturan yang berlaku di sekolah. Dari sosialisasi kita tadi, terlihat siswa sangat antusias mendengarkannya. Bisa didengar dari pertanyaan yang diajukan adik-adik kita dari SMPN 29 tadi, yang dapat kita simpulkan jika mereka masih banyak yang belum paham pentingnya disiplin berlalu lintas." ujar Sumarno usai melakukan sosialisasi di SMPN 29 Pekanbaru.

Jika berkendara roda dua, sebutnya, baik yang mengendarai maupun yang dibonceng wajib menggunakan helm. Sedangkan yang menggunakan mobil wajib memasang sabuk pengaman untuk menghindari terjadinya kecelakaan. Program police go to school ini sudah berjalan juga kesekolah-sekolah lainnya.

"Sejak dini kedisiplinan dan tertib berkendaraan wajib dicanangkan, hingga kedepannya adik-adik kita ini bisa mengingatkan orangtuanya maupun orang sekitar, dan nanti bisa menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas," tuturnya.
 
Kepala SMPN 29 Pekanbaru, Syafrida Ali SPd meyampaikan, program police go to school ini sangatlah bermanfaat bagi SMPN 29 ini. Dengan kedatangan polisi lalu lintas yang menerangkan bahwa siswa belum dibenarkan membawa sepeda motor, dan dianjurkan untuk bersepeda ke sekolah.

"pihak sekolah sangat berterima kasih sekali dengan kedatangan pihak kepolisian dari Ditlantas Polda Riau, yang mau mensosialisasikan pentingnya keselamatan berlalu lintas. Dan dalam sosialisasinya, mengharapkan pelajar bisa menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. Karena keterbatasan angkutan umum yang sampai ke sekolah maka masih ada beberapa siswa kita yang masih memakai sepeda motor ke sekolah. Dan dari pihak Lantas yang datang menerangkan pentingnya tertib berlalulintas, dan bahanya siswa di bawah umur yang mengendarai sepeda motor, maka kita sangatlah terbantu dalam informasi," papar Syafrida. (ade)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index